Pada tanggal 17 Mei 2024, di SMK Al Fattah Tigaraksa, mahasiswa Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang penuh semangat dan antusiasme. Kegiatan ini diinisiasi dengan tujuan: memberikan edukasi tentang penggunaan internet yang cerdas dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh : Ahnaf Irfan Baharianto (211011450056), Dita Putri Anastasya (211011450464), Eka Seftrian Anugerah (211011450156), Hakim Perdana Saputra (211011450384), Mochammad Fauzi (211011450189), Muhammad Shiddiq Alfarez (211011450170), Mustari Bisri (211011450298), Rafli Fadillah Agustio (211011450419), Riyan Pratama Mulia (211011450601), Sonnya Tetelepta (211011450594), Rinna Rachmatika, S.Kom., M.Kom., selaku dosen pembimbing, dan Bapak/ibu guru dan Siswa/i Smk Alfattah

Pagi itu, tepat pukul 08.30, siswa-siswa SMK Al Fattah mulai berdatangan dan melakukan registrasi. Mereka tampak antusias, menyambut hari dengan penuh semangat. Setiap siswa yang telah melakukan registrasi mendapatkan paket makanan ringan dan alat tulis sebagai bentuk apresiasi dan dukungan agar mereka siap mengikuti seluruh rangkaian acara.

Kegiatan registrasi peserta
Antrean registrasi peserta

Setelah itu, acara dibuka secara resmi dengan sebuah opening ceremony yang sederhana namun khidmat. Suasana semakin hangat ketika pembacaan kalam Ilahi berkumandang, diikuti oleh nyanyian bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya. Semua peserta, baik siswa, guru, maupun para mahasiswa, berdiri dengan penuh hormat, mencerminkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air.

Selanjutnya, kepala sekolah SMK Al Fattah memberikan sambutan. Beliau menyampaikan rasa terima kasih dan harapan besar terhadap kegiatan ini. Kepala sekolah menekankan pentingnya kegiatan edukatif seperti ini untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era digital.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana mahasiswa Universitas Pamulang, yang menjelaskan detail kegiatan dan menegaskan komitmen mereka untuk membantu para siswa memahami teknologi informasi dengan baik. Meskipun ibu Rinna Rachmatika, S.Kom., M.Kom., dosen pembimbing dari Universitas Pamulang, berhalangan hadir, pesan beliau tetap disampaikan oleh ketua pelaksana. Dengan penuh semangat, pesan tersebut menekankan tujuan kegiatan ini dan pentingnya penggunaan internet secara cerdas dan bertanggung jawab, serta mengajak para siswa untuk berpartisipasi aktif dalam setiap sesi yang telah dipersiapkan.

Sambutan ketua pelaksana kegiatan

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi. Mahasiswa yang bertugas menyampaikan materi dengan gaya yang menarik dan interaktif. Mereka membahas berbagai aspek penggunaan internet, dari manfaat hingga potensi risiko, serta memberikan tips praktis agar para siswa bisa memanfaatkan internet dengan bijak. Para siswa tampak sangat tertarik dan banyak yang aktif bertanya.

Kegiatan penyampaian materi oleh mahasiswa Universitas Pamulang
Kegiatan penyampaian materi oleh mahasiswa Universitas Pamulang
Kegiatan penyampaian materi oleh mahasiswa Universitas Pamulang
Siswa/i serta guru memperhatikan penyampaian materi

Setelah materi disampaikan, sesi quiz tanya jawab diadakan. Sesi ini sangat dinanti-nantikan oleh para siswa. Dengan semangat yang tinggi, mereka berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa. Keceriaan dan kegembiraan memenuhi ruangan saat para pemenang quiz diumumkan dan hadiah-hadiah menarik dibagikan kepada mereka.

Menjelang akhir acara, dilakukan pembacaan doa sebagai penutup. Suasana menjadi hening dan khidmat saat semua peserta berdoa bersama, memohon agar ilmu yang diperoleh hari itu bermanfaat bagi semua.

Akhirnya, acara ditutup dengan penyerahan plakat dan cenderamata sebagai simbol terima kasih dan kenang-kenangan dari Universitas Pamulang kepada SMK Al Fattah. Tidak lupa, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (IA) untuk mempererat kerjasama di masa depan. Semua yang hadir berkumpul untuk sesi foto bersama, mengabadikan momen berharga ini.

Penyerahan plakat kepada pihak SMK Al Fattah Tigaraksa

Kegiatan pengabdian masyarakat ini meninggalkan kesan mendalam bagi semua peserta. Tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga mempererat hubungan antara Universitas Pamulang dan SMK Al Fattah. Dengan harapan yang tinggi, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar di masa mendatang.

Foto bersama mahasiswa dan guru SMK Al Fattah Tigaraksa
Foto bersama mahasiswa dan siswa/i SMK Al Fattah Tigaraksa

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊