Ramadan adalah bulan suci yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat Islam harus berpuasa selama sebulan penuh. Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang penuh dengan ampunan dari Allah SWT dan rahmat-Nya. Maka dari itu smeua umat muslim di bulan yang suci ini umat muslim saling berlomba-lomba untuk mengejar pahala.

Selain itu banyak kegiatan yang dilakukan hanya selama bulan ramadhan. Tentunya kegiatan di bulan ramadhan ini juga mengingatkan kita pada momen masa kecil. Secara umum, melakukan hal-hal bersama teman di rumah juga terlihat lebih menyenangkan dalam berbagai situasi. 

Contohnya seperti mengantre untuk meminta tanda tangan imam tarawih untuk mengisi buku agenda ramadan. Berikut rangkuman nostalgia kegiatan anak 90-an dibulan ramadan .

1. JALAN JALAN SETELAH SUBUH

Aktivitas ini sering dilakukan anak-anak dan orang dewasa, apalagi saat weekend. Memang selama bulan Ramadhan banyak anak-anak yang jalan kaki atau bersepeda setelah shalat Subuh. Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk menghirup udara segar.

Tidak hanya jalan-jalan keliling desa, seringkali setelah subuh banyak anak-anak yang bermain petasan atau petasan. Pasalnya, selama bulan puasa Ramadhan, cukup banyak orang yang berjualan petasan dan kembang api. 

2. PESANTREN KILAT

Saat ini mungkin masi ada sekolah yang mengadakan pesantren kilat. Pesantren kilat merupakan salah satu kegiatan wajib sekolah. Biasanya pesantren kilat ini dilakukan selama 3-5 hari. Tentunya selama menjalankan kegiatan ini, anak-anak tidak akan mempelajari mata pelajaran umum, tetapi akan mempelajari pelajaran agama, khususnya tentang puasa zakat.

Selain itu, seragam yang dikenakan juga bebas asalkan masih sopan dan menutup aurat.

3. MENGISI BUKU AGENDA RAMADAN

Sangat jarang atau mungkin sudah tidak ada saat ini anak anak yang disuruh untuk mengisi buku agenda ramadan.

Sebagai anak-anak khususnya siswa sekolah dasar dulu pasti sudah tidak asing lagi dengan mengisi buku harian di bulan ramadhan. Biasanya di dalam buku itu ada daftar puasa atau tidak, menjalani shalat wajib atau sunnah dalam daftar shalat tarawih. Tak hanya itu, tak jarang sang anak harus mengisi isi pidato apa yang disampaikan sebelum shalat tarawih dan meminta tanda tangan imam shalat tarawih.

Saling berebut tanda tangan imam sudah sangat biasa dulu karena banyak anak  yang bergegas agar bisa pulang terlebih dahulu.

4. BERMAIN PETASAN BAMBU

Untuk anak-anak jaman sekarang mungkin asing dengan yang Namanya petasan bambu, tapi untuk anak-anak jaman dulu petasan ini sangat sering dimainkan.

Meriam bambu banyak dimainkan oleh anak-anak atau remaja. Biasanya kegiatan ini dilakukan sambil mengisi waktu menjelang Magrib atau Ngabuburit. Meski permainan meriam bambu ini sudah jarang ditemukan saat ini, namun tetap menjadi kenangan tersendiri saat kecil.

5. PERANG SARUNG

Nah, kegiatan terakhir ini sangat popular hingga saat ini. Salah satu kegiatan yang juga sering dilakukan setelah selesai shalat tarawih bagi anak-anak khususnya laki-laki adalah perang sarung. Sarung yang digunakan untuk shalat tarawih akan dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa bermain perang sarung. Tak hanya itu, tak jarang juga anak anak ini memakai sarung ini selayaknya seorang ninja.

Itu tadi  beberapa aktivitas generasi 90-an saat berpuasa di bulan kuno. Apakah kalian kangen dengan kegiatan kegiatan tersebut?
Sayangnya, Anak-anak zaman sekarang memiliki kegiatan lain yang lebih sering mereka lakukan. 

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊