PKM Mahasiswa UNPAM dengan Siswa TKJ di SMK Harapan Bangsa

Dengan tekad kuat untuk berkontribusi positif dalam dunia pendidikan, mahasiswa Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Harapan Bangsa. Pemilihan SMK sebagai tempat pelaksanaan PKM dilandasi oleh niat tulus kami sebagai mahasiswa untuk berbagi ilmu yang bermanfaat kepada adik-adik kita di dunia pendidikan menengah. Keberlangsungan kegiatan ini menjadi sebuah komitmen bagi kami, bukan hanya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga sebagai bagian dari kewajiban mahasiswa Universitas Pamulang.

Enam mahasiswa dari Universitas Pamulang, yang memiliki keahlian dan minat dalam bidang teknologi informasi, turut serta dalam sebuah kegiatan yang bertujuan memberikan kontribusi positif kepada siswa/i Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Harapan Bangsa.Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa/i TKJ mengenai dasar-dasar teknologi informasi, khususnya dalam pengoperasian HTML. Kami ingin menjadi agen perubahan yang membantu siswa/i TKJ agar memiliki pemahaman yang lebih mendalam dan relevan dalam memasuki dunia teknologi informasi. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya menjadi wujud kontribusi positif dari kami sebagai mahasiswa, tetapi juga menjadi upaya konkret dalam memajukan pendidikan di SMK Harapan Bangsa.

Penyampaian Materi

Pendidikan di era digital menuntut agar generasi muda memiliki keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi. Mahasiswa Universitas Pamulang merespons tantangan ini dengan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Harapan Bangsa, fokus pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman siswa/i TKJ, khususnya terkait dasar-dasar HTML. Pentingnya pemahaman dasar teknologi informasi, seperti HTML, dalam era digital tidak bisa diabaikan. Namun, pada kenyataannya, siswa/i TKJ di SMK Harapan Bangsa masih minim pemahaman tentang dasar-dasar HTML. Inilah yang menjadi motivasi bagi mahasiswa Universitas Pamulang untuk menyelenggarakan kegiatan PKM ini. Minimnya pemahaman siswa/i tentang dasar-dasar HTML, keterampilan yang sangat relevan dalam dunia teknologi. Solusi yang diusulkan adalah penyelenggaraan kegiatan PKM berupa pelatihan pengoperasian HTML dasar.

Penyampaian Materi

Program PKM kepada Siswa/i TKJ di SMK Harapan Bangsa bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang HTML kepada siswa/i TKJ kelas 10. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan dalam merancang dan memahami struktur dasar pembuatan halaman web. Kegiatan dilaksanakan pada jam 08.00 – 12.00, dengan fokus mengajar 3 kelas siswa/i TKJ kelas 10. Materi pembelajaran melibatkan pengenalan dasar HTML, struktur dasar HTML, tag-tag dasar, penggunaan tag dalam pembuatan halaman web sederhana, dan contoh-contoh aplikasi.

Penyerahan Plakat

Selama pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), alur kegiatan yang dijalankan oleh mahasiswa Universitas Pamulang dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama-tama, tim mahasiswa melakukan persiapan materi dengan merinci pembagian tugas agar setiap anggota dapat berkontribusi maksimal. Kemudian, acara dimulai dengan pengenalan awal dan pembukaan kegiatan, memberikan suasana yang ramah dan interaktif. Proses penyampaian materi dilakukan dengan metode pengajaran yang interaktif, memastikan bahwa siswa/i terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Sesuai dengan pendekatan partisipatif, sesi tanya jawab diberikan setelah penyampaian materi, diikuti dengan pemberian hadiah sebagai bentuk motivasi untuk meningkatkan semangat belajar siswa/i. Terakhir, dilakukan evaluasi hasil pembelajaran dan penutupan kegiatan, menegaskan komitmen mahasiswa Universitas Pamulang dalam memberikan dampak positif pada siswa/i SMK Harapan Bangsa melalui kegiatan PKM ini.

PKM Mahasiswa UNPAM dengan Siswa TKJ di SMK Harapan Bangsa

Daftar Mahasiswa PKM UNPAM kepada Siswa TKJ di SMK Harapan Bangsa

NamaNIM
Azriel Akbar Dinar:211011400745
M. Jidan Hasbialloh:211011400718
M. Luthfi Erico Coirul Rizal:211011400712
Rafly Ramadhan Zaenuri:211011402163
Ravif Sujidna:211011400749
Senna Belarosya:211011400693
Yafet Inggamer:211011400711

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊