Penulis:Alfeina Wahdayani
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi yang semakin berkembang pesat dan sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia masa kini. Sejarah mencatat bahwa saat ini AI (artificial intelligence) telah menjadi rival manusia. Karena kecanggihannya yang menyerupai manusia sehingga membuat sumber daya manusia sedikit terancam. Secara keseluruhan, AI telah membawa perubahan besar dalam masyarakat modern. Dari pekerjaan, kesehatan, bisnis, pendidikan, dan mobilitas, AI telah membantu manusia dalam meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengambilan keputusan, dan membuka pintu untuk inovasi baru.

Bahayakah AI untuk Masa Depan?

Semakin majunya teknologi, AI akan sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan. Selain karena ketepatan dalam menganalisa data AI juga sangat cepat dan akurat. AI banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar guna memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

AI bisa bertindak dan berpikir layaknya manusia karena suatu program yang telah disusun sedemikian rupa. Namun tidak hanya program yang diberikan, AI juga memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang baru seperti manusia.

Tidak bisa dipungkiri, jika AI akan menggantikan peran manusia dalam pekerjaan. Akan banyak orang yang kehilangan pekerjaannya dan kesenjangan sosial yang diakibatkan adanya AI. Karena tercipta oleh mesin, AI akan terus bekerja tanpa adanya istirahat juga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan.

Namun, dari fakta-fakta yang beredar AI tidak bisa dikatakan seratus persen dapat menggantikan peran manusia. Teknologi dan manusia akan terus berdampingan seperti sebuah hubungan yang saling membutuhkan. AI diciptakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia, bukan menggantikan peran manusia.

AI Memudahkan Pekerjaan Manusia

Saat ini AI memberikan banyak kontribusi dalam pekerjaan manusia, karena AI tidak memiliki sifat bosan sehingga dapat bekerja terus menerus secara rutin dan konsisten. AI juga dapat menganalisis data dalam waktu singkat dengan cepat dan akurat, hal ini membantu dalam pengambilan keputusan yang baik dan efisien sehingga tidak memakan waktu lebih lama. AI dapat membantu pekerjaan manusia dari hal yang mudah bahkan hal terumit sekalipun.

Tidak hanya dapat menganalisa pekerjaan, AI juga dapat menganalisa kesehatan, mobilitas, pendidikan ataupun bisnis. Dalam bidang kesehatan, AI dapat menganalisa pola tertentu dalam data medis yang mengindikasikan kemungkinan adanya penyakit tertentu. Selain itu, inovasi AI dalam bidang Kesehatan juga digunakan untuk mempercepat waktu pelayanan, dan memperluas jangkauan. AI juga memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengunjungi pusat kesehatan/dokter.

Dalam bidang bisnis, AI banyak memberikan inovasi penting baik dalam strategi digital marketing maupun membantu pengelolaan bisnis. Data yang dianalisa oleh AI akan dimanfaatkan sebaik mungkin, guna menghasilkan informasi penting yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan strategis dalam bidang bisnis.

Dalam dunia pendidikan AI berpartisipasi dalam berbagai aspek, salah satunya pengembangan kurikulum termasuk menentukan kebutuhan siswa, pengumpulan data, dan konten pembelajaran. Teknologi ini membuka kemungkinan baru pada proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, serta meningkatkan kualitas pembelajaran.

Akan banyak sekali tanggapan mengenai AI, baik dalam hal negatif ataupun positif. Saat ini kita harus sangat berhati-hati dalam menilai atau menganalisa mengenai AI, karena AI bisa menjadi asisten untuk meringankan pekerjaan manunsia, tetapi memiliki potensi untuk menggantikan peran manusia jika kita tidak dapat beradaptasi dengan baik.

Sumber gambar : https://www.dradio.id/2023/06/19/artificial-intelligence-ai-bahaya-atau-dukungan-bagi-masa-depan-pekerjaan-manusia/

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak