Penulis:Lilis Muhlisoh
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Pada era digital sekarang ini kehidupan kita semakin dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi merupakan isu besar yang berpengaruh dalam setiap aspek kehidupan. Ini tidak hanya mengubah cara kita berkomunikasi dan bekerja, tetapi juga cara kita mengelola keuangan kita. Teknologi telah menjadi kekuatan utama dalam transformasi sektor keuangan, membawa manfaat yang signifikan bagi individu, bisnis, dan pasar keuangan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana teknologi memengaruhi dunia keuangan dan apa yang perlu Anda ketahui.

Financial technology atau finTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Fintech merujuk pada penggunaan teknologi untuk menyediakan layanan keuangan yang inovatif dan efisien. Ini mencakup berbagai solusi seperti pembayaran digital, pinjaman peer-to-peer, robo-advisors, dan teknologi blockchain dalam sektor keuangan.

Gambar : fintech. mediasembilan.com

Berikut adalah beberapa pengaruh teknologi dalam transformasi keuangan:

1. Fintech Mengubah Cara Kita Bertransaksi

Fintech, singkatan dari “financial technology,” telah menghadirkan layanan dan aplikasi yang mempermudah transaksi keuangan. Fintech dapat membantu meningkatkan aksesibilitas, inovasi dan keamanan dalam layanan. Misalnya, dengan dompet digital dan aplikasi perbankan online, Anda dapat dengan cepat mentransfer uang, membayar tagihan, dan mengelola rekening Anda dari smartphone. Ini telah menghilangkan kebutuhan untuk mengunjungi cabang bank fisik secara teratur, yang sangat menghemat waktu dan tenaga.

2. Perbankan Digital

Pengaruh teknologi perbankan digital dalam transformasi keuangan mencakup kemudahan akses, efisiensi transaksi, inovasi produk, dan pelayanan berbasis aplikasi atau platform online. Ini memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan, seperti transfer dana, pembayaran, dan manajemen akun, dengan cepat dan mudah melalui perangkat digital, merubah cara tradisional perbankan beroperasi dan meningkatkan kenyamanan serta aksesibilitas bagi pengguna.

3. Blockchain

Teknologi blockchain telah membawa transformasi signifikan dalam sektor keuangan dengan memperkenalkan konsep desentralisasi, keamanan yang tinggi, dan efisiensi operasional. Teknologi blockchain telah mengubah cara transaksi keuangan dilakukan, membuka pintu untuk lebih banyak inklusi keuangan, meningkatkan keamanan, dan mengurangi biaya operasional di sektor keuangan. Selain itu Pemanfaatan teknologi blockchain membantu perusahaan dalam melakukan pemrosesan keuangan secara lebih cepat.

4. Analitik Data dan Kecerdasan Buatan

Teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data telah membantu lembaga keuangan menganalisis data besar untuk mengidentifikasi tren dan risiko. Ini memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan memahami pelanggan mereka dengan lebih baik. Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan sejumlah manfaat besar dalam transformasi sektor keuangan yaitu dapat meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kualitas layanan, serta mengoptimalkan pengambilan keputusan strategis. Misalnya, AI digunakan dalam manajemen risiko dan deteksi kecurangan.

5. Layanan Keuangan Tanpa Batas Geografis

Internet dan teknologi telah menghapus batasan geografis dalam layanan keuangan. Dalam artian merujuk pada kemampuan untuk mengakses dan menggunakan produk keuangann secara global tanpa terkait dengan wilayah geografis tertentu. Anda dapat membuka rekening di bank luar negeri atau mengakses produk investasi global tanpa harus pergi ke negara tersebut. Hal ini memungkinkan diversifikasi portofolio dan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengelolaan keuangan pribadi.

Saat kita memasuki era digital, penting bagi kita untuk memahami peran teknologi dalam transformasi keuangan. Sementara teknologi membawa manfaat yang besar, penting juga untuk memahami risiko yang terkait dengannya, seperti keamanan data dan privasi. Dengan pemahaman yang tepat, kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan keuangan kita dengan lebih baik. Teknologi terus berkembang, dan dengan terus memantau perkembangannya, Anda dapat tetap selangkah di depan dalam mengelola keuangan Anda. Demikianlah artikel tentang pengaruh teknologi dalam transformasi keuangan. Semoga bermanfaat.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊