Penulis:Ersya Nadilla
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Politik ekonomi adalah suatu bidang studi yang mempelajari hubungan antara kebijakan pemerintah dan kegiatan ekonomi dalam suatu negara. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan-tujuan ekonomi tertentu, seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, dan pengurangan kemiskinan. Politik ekonomi mencakup berbagai macam kebijakan seperti kebijakan fiskal, moneter, perdagangan, dan industri, serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, bisnis, dan masyarakat. Ekonomi memiliki pengaruh terhadap pemilu dalam banyak aspek, termasuk perputaran ekonomi dan kebijakan politik yang diambil oleh pemerintah. Pemilu dapat memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi suatu negara. Beberapa dampak ekonomi yang dapat terjadi selama masa pemilu antara lain:

1. Peningkatan Konsumsi dan Belanja Pemerintah: Pemilu seringkali diikuti dengan peningkatan konsumsi dan belanja pemerintah, yang dapat meningkatkan permintaan terhadap produk makanan-minuman, industri tekstil dan produk tekstil (TPT), akomodasi, dan industri transportasi.

2. Pertumbuhan Ekonomi: Penyelenggaraan pemilu dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Peningkatan konsumsi dan belanja pemerintah dari pemilu dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

3. Inflasi: Pemilu juga dapat mempengaruhi tingkat inflasi suatu negara. Peningkatan konsumsi dan belanja pemerintah dari pemilu dapat menyebabkan lonjakan inflasi, terutama pada sektor-sektor tertentu seperti makanan-minuman dan transportasi.

4. Investasi: Pemilu juga dapat mempengaruhi tingkat investasi suatu negara. Ketidakpastian politik yang terkait dengan pemilu dapat menyebabkan penurunan investasi, terutama pada periode menjelang pemilu.

5. Kebijakan fiskal dan moneter yang diterapkan oleh pemerintah: Dua jenis kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah untuk mengatur aktivitas ekonomi dalam suatu negara. Kebijakan fiskal mencakup pengaturan pendapatan dan pengeluaran pemerintah, seperti pajak, subsidi, dan belanja pemerintah, untuk mempengaruhi tingkat aktivitas ekonomi. Kebijakan moneter, di sisi lain, mencakup pengaturan suku bunga dan jumlah uang beredar dalam perekonomian untuk mengatur tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Kedua jenis kebijakan ini saling terkait dan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti harga barang, lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

6. Investasi dalam infrastruktur dan proyek-proyek pembangunan: Dapat memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu negara. Investasi ini dapat meningkatkan kualitas infrastruktur seperti jalan raya, bandara, pelabuhan, dan lain-lain. Selain itu, investasi ini juga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing industri dalam negeri. Di Indonesia, pemerintah telah melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan infrastruktur, seperti proyek pembangunan jalan tol, pembangunan bandara baru, dan proyek pembangunan pelabuhan.

7. Fluktuasi nilai tukar mata uang: Dapat terjadi selama masa pemilihan umum karena ketidakpastian politik yang dapat mempengaruhi investasi asing dan perdagangan internasional. Hal ini dapat berdampak pada ekonomi negara dan nilai tukar mata uangnya. Namun, pemerintah dapat mengambil tindakan untuk mengatasi fluktuasi nilai tukar mata uang dengan mengatur kebijakan fiskal dan moneter yang tepat.

Dengan demikian, pemilu dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi suatu negara. Peningkatan konsumsi dan belanja pemerintah dari pemilu dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, namun juga dapat menyebabkan lonjakan inflasi dan penurunan investasi akibat ketidakpastian politik. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dampak ekonomi dari pemilu dalam merumuskan kebijakan ekonomi dan politik yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas negara. Selain itu, kampanye politik dan retorika dari para kandidat juga dapat mempengaruhi opini publik dan pasar keuangan. Ekonomi politik merupakan bidang ilmu yang kompleks dan dinamis. Ekonomi politik terus berkembang seiring dengan perubahan ekonomi dan politik global.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak