Penulis:Bayu Trisna Aji
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Indonesia bisa dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat namun dibalik pertumbuhan itu Indonesia masih mengalami banyak permasalahan ekonomi. Lalu ada apa saja masalah ekonomi Indonesia.

  1. Perbaikan Kuantitas dan kualitas

Pertumbuhan ekonomi indonesia terbilang cukup pesar namun angka kemiskinan ketimpangan sosial dan pengangguran juga tergolong tinggi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbagai masalah ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran harus segera diatasi agar dapat memperbaiki kuantitas serta kualitas ekonomi Indonesia.

  1. Pertumbuhan Ekonomi dan Impor

Tingkat impor di Indonesia tergolong masih tinggi, hal ini dikarenakan ouput disektor pertanian dan perternakan kian rendah sementara pertumbuhan penduduk terus menerus meningkat sehingga harus ditekan seminimal mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

  1. Daya Beli Stagnan

Umumnya masalah ini dipengaruhi oleh besaran pendapatan harga barang dan jasa hingga seberapa banyak barang yang dikonsumsi, belakangan ini hampir seluruh dunia tak terkecuali Indonesia juga turut merasakan inflasi.

  1. Rendahnya Daya Saing

Dalam tiga tahun terakhir Indonesia sebagai negara tujuan investasi langsung terus mengalami penurunan. Selain itu jumlah perusahaan di Indonesia juga mulai berkurang disadari atau tidak ini mempengaruhi daya saing antar masyarakat atau antar perusahaan dalam mengembangkan dunia usahanya.

  1. Ketidaksiapan Dalam Mengahadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dibutuhkan perencanaan yang matang termasuk penyusunan skala prioritas minimnya perencanaan infrastruktur dasar industri yakni internet of things dan mitigasi tenaga kerja juga mempengaruhi masalah ekonomi di Indonesia.

  1. Inkonsistensi Kebijakan Subsidi Energi

Penurunan subsidi energi dalam beberapa tahun terakhir turut mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia padahal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi seharusnya pemerintah lebih tepat sasaran dalam menentukan pihak mana yang berhak menerima subsidi.

  1. Rendahnya Kinerja Pajak

Pendapatan pemerintah melalui pajak juga mengalami penurunan di sisi lain rasio utang terhadap produk domestik bruto mengalami peningkatan akibatnya beban pembayaran bunga utang terhadap belanja pemerintah pusat jauh lebih tinggi dari yang seharusnya.

Dengan komitmen dan kerja keras bersama, Indonesia memiliki potensi untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapinya, menciptakan landasan yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan, serta memberikan kesejahteraan kepada seluruh lapisan masyarakat. Perbaikan dalam berbagai sektor tersebut tidak hanya mendukung stabilitas ekonomi, tetapi juga menciptakan fondasi yang tangguh untuk meraih masa depan yang lebih baik.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak