Tangerang – Pembelajaran online telah menjadi bagian yang tak terhindarkan dari pendidikan saat ini, menghadirkan tantangan baru bagi siswa dan guru. SMK Karya Agung, sebuah lembaga pendidikan ternama, menjalani sebuah studi mendalam tentang dampak dan tantangan yang dihadapi siswa dalam menjaga motivasi belajar mereka selama periode pembelajaran online.

Studi ini mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan gagasan bahwa pembelajaran online dapat menurunkan motivasi belajar mereka. Alasan-alasan beragam muncul selama penelitian ini. Salah satu alasan utama yang diungkapkan adalah kurangnya interaksi sosial dengan teman sekelas dan guru.

Kurangnya pengawasan dan bimbingan langsung dari guru juga menjadi tantangan besar. Kesulitan dalam memahami materi secara mandiri dan mempertahankan tingkat konsentrasi yang sama dengan di kelas adalah hal yang sering kali dihadapi siswa. Ini memunculkan perasaan frustrasi dan kebingungan dalam menjaga motivasi belajar.

Studi ini mencerminkan betapa pentingnya terus beradaptasi dengan perubahan dalam pendidikan dan menjaga motivasi belajar siswa selama pembelajaran online. SMK Karya Agung dan sekolah lainnya di seluruh dunia terus bekerja keras untuk mencari solusi yang lebih baik dalam menghadapi tantangan pembelajaran online dan memastikan pendidikan yang bermutu untuk masa depan generasi muda.

Foto : Kelas SMK KARYA AGUNG. mediasembilan.com

Selain itu, adopsi teknologi dalam pembelajaran online juga menjadi faktor yang turut memengaruhi motivasi belajar siswa. Meskipun teknologi memberikan akses lebih luas terhadap informasi, beberapa siswa mungkin merasa terkendala atau cenderung kehilangan minat akibat kebingungan teknis atau perangkat yang tidak memadai. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk memberikan dukungan teknis yang memadai dan pelatihan kepada siswa dan guru agar mereka dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Tantangan psikologis juga muncul, di mana beberapa siswa mengalami ketidakpastian akan masa depan pendidikan mereka. Rasa kehilangan rutinitas harian, seperti perjalanan ke sekolah dan interaksi langsung dengan teman sekelas, dapat mempengaruhi kesejahteraan mental siswa. Oleh karena itu, pembelajaran online juga memerlukan pendekatan holistik yang memperhatikan aspek kesejahteraan psikologis siswa. Dalam menghadapi semua kompleksitas ini, SMK Karya Agung bersama dengan institusi pendidikan lainnya terus mengembangkan strategi dan kebijakan yang dapat meningkatkan pengalaman pembelajaran online. Melalui kerja sama antara siswa, guru, dan orang tua, diharapkan dapat diciptakan lingkungan pembelajaran online yang mendukung, memotivasi, dan memfasilitasi pertumbuhan akademis serta perkembangan pribadi siswa di tengah dinamika pembelajaran modern.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak