Penulis:Fatma Gusti Azzahra
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Ilmu akuntansi telah menjadi elemen tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, melampaui batasan perusahaan dan dunia pendidikan. Dalam era yang terus berkembang pesat, penting untuk memahami bahwa akuntansi bukan sekadar alat untuk merekam transaksi bisnis, tetapi juga menjadi panduan yang membantu individu dan keluarga mengelola keuangan mereka dengan bijak. Seberapa penting kah peran akuntansi untuk kehidupan sehari-hari?

Akuntansi tidak lepas dari angka dan pencatatan, dengan melakukan pencatatan anggaran yang keluar kita jadi mengetahui kemana uang yang dikeluarkan untuk apa saja. Menurut saya, jika kita tidak melakukan pencatatan walaupun mempunyai penghasilan yang lebih banyak masih bisa terjadi kekurangan secara finansial dikarenakan pengelolaan keuangan nya belum maksimal. Kebanyakan orang lebih mementingkan gaya hidup dibanding kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik, melalui peran akuntansi dapat memudahkan dalam pengelolaan pemasukan dan pengeluaran.

Peran penting akuntansi dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Untuk memanajem keuangan pribadi, dimana peran akuntansi sendiri membantu dalam mengelola keuangan dengan melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang baik maka dapat membantu dalam membuat anggaran, mengontrol keuangan dan dapat mengendalikan pengeluaran
  2.  Perencanaan keuangan, dimana peran akuntansi membantu dalam perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Ketika anda memahami tabungan, investasi, dan pengeluaran anda, anda dapat merencanakan tujuan masa depan anda.
  3. Pengambilan keputusan keuangan, dengan merekam transaksi keuangan membantu anda dalam membuat keputusan yang lebih baik seperti : membandingkan harga, mengevaluasi kebutuhan sehari-hari dan memilih layanan atau produk yang sesuai dengan kebutuhan dengan haga terbaik.
  4. Untuk memanajemen utang dan kredit, peran akuntansi membantu anda dalam memahami konsep utang dan kredit. Dengan pemahaman yang baik maka dapat mengelola utang dengan lebih efisien dan dapat membantu membuat keputusan bijaksana terhadap penggunaan kredit.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa akuntansi bukan hanya sebagai aspek teknis dalam dunia bisnis, tetapi sebagai alat yang memberdayakan individu untuk mengambil kendali atas aspek finansial dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip akuntansi ini, kita dapat menciptakan landasan yang kokoh untuk meraih stabilitas finansial dan merencanakan masa depan yang lebih cerah.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak