Penulis:Hedwin Winata Halawa
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Perkembangan komputer telah menjadi odisei teknologi yang luar biasa, membentang dari mesin hitung mekanis sederhana hingga era kecerdasan buatan yang mendominasi zaman saat ini. Mari kita telaah perjalanan panjang ini dan temukan bagaimana komputer telah mengubah dunia sejak awal hingga saat ini.

Zaman Awal Komputer (1930-an – 1950-an)

Pada awalnya, komputer adalah mesin hitung mekanis seperti Mesin Analitik Charles Babbage. Meskipun gagal diselesaikan pada abad ke-19, inilah awal mula revolusi komputasi. Puncaknya, pada tahun 1945, ENIAC, komputer elektronik pertama, muncul sebagai inovasi kritis yang digunakan dalam menghitung tabel tembakan artileri selama Perang Dunia II.

Zaman Komputer Generasi Pertama (1950-an – 1960-an)

Dengan diperkenalkannya transistor, komputer mulai menunjukkan kemajuan signifikan. Meskipun masih besar dan mahal, seri komputer 700 dari IBM memperluas penggunaan komputer di berbagai sektor.

Zaman Komputer Generasi Kedua (1960-an – 1970-an)

Penggunaan sirkuit terpadu (IC) membawa revolusi dengan menyusun ribuan transistor dalam satu chip, mengurangi ukuran dan harga komputer. Mini komputer, seperti DEC PDP series, memberikan kemampuan komputasi yang lebih terjangkau.

Zaman Komputer Generasi Ketiga (1970-an – 1980-an)

Penemuan mikroprosesor oleh Intel pada tahun 1971 memasukkan seluruh unit pemrosesan dalam satu chip. IBM PC pada tahun 1981 memicu ledakan penggunaan komputer pribadi di rumah dan kantor.

Zaman Komputer Generasi Keempat (1980-an – 1990-an)

Penggunaan komputer paralel dan superkomputer membawa kemampuan pemrosesan data yang luar biasa cepat. Komersialisasi internet pada awal 1990-an membuka pintu untuk konektivitas global dan pertukaran informasi instan.

Zaman Komputer Generasi Kelima (2000-an – Saat Ini)

Peningkatan kekuatan komputasi pada perangkat mobile dan fenomena cloud computing memberikan fleksibilitas dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penggunaan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin semakin meluas, mengubah cara komputer belajar dan mengambil keputusan.

Dengan fokus pada inovasi seperti komputasi kuantum, konektivitas yang semakin kuat, dan era kecerdasan buatan, perkembangan komputer terus berlanjut. Ini bukan hanya tentang peningkatan kecepatan dan kapasitas, tetapi juga tentang transformasi mendalam dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi di sekitar kita. Melalui setiap era, komputer terus menjadi katalisator perubahan yang mengubah dunia kita.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak