Jaringan komputer merupakan salah satu bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Di era digital ini, konektivitas dan komunikasi yang efisien melalui jaringan komputer menjadi kunci utama dalam berbagai sektor, termasuk bisnis, pendidikan, dan pemerintahan. Di Universitas Pamulang (UNPAM), mahasiswa aktif beraksi untuk mendalami jaringan komputer dengan pemasangan aplikasi Cisco, sebuah langkah penting dalam memahami dan menguasai teknologi jaringan yang mendasar.

Cisco, perusahaan teknologi terkemuka, dikenal dengan solusi jaringan andal. Cisco Packet Tracer, perangkat lunak mereka, digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer, terutama dalam program pendidikan dan sertifikasi seperti CCNA. Ini memungkinkan mahasiswa merancang dan mengelola jaringan tanpa perangkat fisik, menguji kemampuan mereka, dan memahami konsep jaringan.

Penggunaan Cisco di UNPAM memberi manfaat besar. Mahasiswa dapat merasakan pengalaman praktis, membangun jaringan virtual dengan router, switch, dan komputer, serta mengkonfigurasi sesuai kebutuhan. Mereka memahami konsep dasar jaringan, topologi, dan protokol.

Pembelajaran dengan Cisco menyediakan perangkat lunak yang canggih dan komprehensif untuk pembelajaran jaringan komputer. UNPAM memberikan akses kepada mahasiswa untuk menggunakan solusi jaringan Cisco yang andal dan berkualitas tinggi. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Cisco Packet Tracer dapat membantu mahasiswa mahasiswa untuk memahami teknologi terkini dalam dunia jaringan komputer.

Photo by freepik.com

Langkah pertama yang dilakukan oleh mahasiswa cara membuat jaringan menggunakan Cisco Packet Tracer adalah mengunduh dan memasang aplikasi Cisco Packet Tracer, Buka aplikasi Cisco Packet Tracer yang ada di komputer, pilih router, switch, dan komputer, beri penghubung satu persatu setiap router, switch dan komputer itu sendiri yaitu dengan connections yang sesuai, konfigurasi setiap device yang ada pada jaringan, kemudian tes jaringan yang telah dibuat.

Setelah pemasangan aplikasi Cisco selesai, mahasiswa UNPAM ini mulai eksplorasi dalam dunia jaringan komputer. Mereka belajar tentang konsep dasar jaringan, topologi, protokol, dan konfigurasi perangkat jaringan. Dengan menggunakan Cisco Packet Tracer, mereka dapat membangun jaringan virtual yang terdiri dari router, switch, dan komputer, serta mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan.

Pembelajaran jaringan komputer dengan pemasangan aplikasi Cisco telah membuka peluang besar bagi mahasiswa UNPAM untuk menguasai keahlian yang sangat relevan dalam dunia teknologi informasi. Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang terus berubah, mahasiswa UNPAM telah menunjukkan bahwa mereka siap untuk mengambil peran penting dalam mengembangkan dan memelihara infrastruktur jaringan yang akan mendukung kehidupan dan bisnis di masa depan dan berperan aktif dalam membangun dunia yang terkoneksi secara global.

Pembelajaran ini memberi mahasiswa keahlian relevan di dunia teknologi. Mereka siap menghadapi perkembangan teknologi dan berperan memelihara infrastruktur jaringan. Ini inspiratif bagi mereka yang ingin karier di teknologi informasi. Dengan semangat dan tekad, mahasiswa UNPAM membuktikan kesuksesan di bidang ini, siap membangun dunia terkoneksi secara global.

Ditulis oleh : Elisabet Lensiana Noni

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak