Pengembangan ilmu dan teknologi di perguruan tinggi harus berorientasi pada pemenuhan kebutuhan atau pemecahan permasalahan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan masyarakat. Kebijakan  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi Perguruan Tinggi dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya dituangkan dalam Link and match sebagai bentuk program yang mengantarkan keterkaitan (link) atau kompetensi lulusan pendidikan sepatutnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pembangunan berupa kesesuaian (match) atau hasilnya cocok dengan kebutuhan DUDI dalam segi kuantitas, kualitas, ragam, kualifikasi dan waktu.

Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini perguruan tinggi dan industri di Indonesia belum dapat berjalan selaras. Inilah yang membuat Program Studi Teknik Informatika harus dapat menggaet mitra dari dunia industri.

Kegiatan Link and Match telah dilakukan di Hotel Santika Premiere ICE BSD 21-22 September 2023 dengan mengundang dua Narasumber. Narasumber pertama memberikan pandangan dalam bidang Akademik yaitu Prof. Dr. Muhammad Zarlis, M.Sc. yang merupakan Professor BINUS Graduate Program, beliau memberikan arahan terkait dengan tahapan untuk mencapai link and match antara Perguruan Tinggi dan Dunia Industri seperti Kurikulum harus kolaborasi, pengajar dosen tamu rutin, ada sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa yang sudah magang dan penyerapan lulusan.

Kemudian Narasumber kedua dari bidang praktisi mengundang Dr. Dede Mulyana, beliau adalah CEO dan Founder ESTIM Software. Dalam pandangan praktisi dunia indsutri perguruan tinggi dan DUDI dapat berkolaborasi dengan Perusahaan IT Lokal, asosiasi-asosiasi yang memiliki hubungan dengan bidang yang diajarkan seperti STARFINDO, ASPILUKI, APTIKNAS, APKOMINDO, APTIKOM, dsb, juga bekerjasama dengan Divisi Pendidikan Perusahaan principal seperti Oracle, Microsoft, Google Academy.

Program Link and Match ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UNPAM untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman belajar yang aktual, keterampilan, serta kompetensi yang diperlukan dalam berbagai bidang keilmuan sesuai kebutuhan dunia kerja.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak