Tangerang – Pada pembukaan SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Nasional Marodoc, Techo, Phnom Penh, Kamboja, pada hari Jumat, 5 Mei 2023 terjadi Insiden dimana bendera Indonesia dikibarkan terbalik.

Insiden ini terjadi pada saat sebelum puncak acara opening SEA Games 2023. Pada sesi yang dibawakan oleh penyanyi lokal Kamboja tersebut, dapat dilihat bahwa pembara bendera peserta di belakangnya membawakan bendera Indonesia tetapi dengan keadaan terbalik.

Momen bendera Indonesia terbalik

Video tersebut langsung tersebar luas di media sosial, pasalnya hal ini bukan pertama kali terjadi. Kasus serupa pernah terjadi pada SEA Games 2017 saat Malaysia menjadi tuan rumah.

Pada saat itu bendera Indonesia ditampilkan terbalik pada buku panduan kegiatan yang dibagikan kepada tamu undangan. Pada halaman 80, ada bendera dari seluruh negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Tetapi bendera Indonesia tercetak terbalik sehingga menjadi putih merah.

Kejadian di Kamboja ini sontak menimbulkan ingatan itu kembali. Tetapi pihak Kamboja sudah meminta maaf atas kejadian bendera tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen Komite NOC Indonesia Harry Warganegara.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujarnya

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak