Tangerang – Seluruh dunia kini sedang merasakan cuaca yang sangat panas, termasuk Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suhu panas yang sedang terjadi merupakan fenomena akibat adanya gerak semu matahari. Fenomenai ini adalah sebuah hal biasa yang terjadi setiap tahunnya. Suhu udara panas seperti yang sekarang dirasakan bisa jadi berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Siklus yang terjadi setiap tahun ini berdampak pada wilayah Pulau Jawa yang mana temperatur sedikit naik pada bulan April dan Mei, lalu suhu akan naik dan memuncak di bulan Oktober, Selain bulan tersebut, temperatur akan kembali menurun.

Indonesia merupakan negara tropis dan temperatur akan berada di sekitar 30-an derajat Celcius. BMKG menyarankan masyarakat menyesuaikan aktivitas di luar ruangan dan menggunakan payung, topi atau tabir surya jika perlu.

Warga juga diminta untuk tetap waspada karena saat ini Indonesia sedang mengalami peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Diprediksi, pada tahun 2023 ini Indonesia akan mengalami musim kemarau yang cukup panjang. BMKG memprediksi bahwa musim kemarau terjadi mulai akhir Mei sampai akhir bulan September.

Wilayah yang berpotensi kekeringan adalah Indonesia bagian selatan khatulistiwa, daerah tersebut mencakup wilayah : Jawa Barat, Nusa Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan sebagian besar pulau Sumatera bagian selatan dari Riau ke selatan.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak