Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari saja. Ini menandakan mudik lebaran akan segera tiba. Mudik ini sendiri adalah tradisi lebaran yang setiap tahunnya selalu ramai, orang orang yang merantau akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Tak dipungkiri setiap tahunnya pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan demi kelancaran perjalan mudik masyarakat.

Untuk tahun ini, cuti bersama Lebaran ini akan berlangsung pada Rabu-Jumat 19-21 April 2023 dan Senin-Selasa 24-25 April 2023 seperti yang sudah disepakati oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI).

ilustration

Perkiraan puncak arus mudik tahun ini oleh Markas Besar Kepolisian terjadi pada 19 s/d 21 April 2023. Sedangkan , untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi sebanyak 2 fase. Fase pertama yaitu H+2 dan H+3 atau pada 24 s/d 25 april 2023 , dan fase kedua terjadi pada 29 april s/d 1 mei 2023.

Dijelaskan oleh Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan prediksi muncul setelah pemerintah menetapkan waktu Cuti Bersama.

“Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan untuk cuti bersama dimajukan tanggal 19 [April]. Jadi kita prediksi 18 malam ini sudah mulai ada kepadatan,” ujar Aan di Jakarta Selatan, Selasa (28/3).

Kepadatan arus kendaraan ini, kata Aan, bakal terjadi hingga H-1 Lebaran, yang diperkirakan bakal jatuh pada 22 atau 23 April 2023.

“Ada peningkatan sampai tanggal 21 atau H-1 [Lebaran], ini untuk kalau yang Lebarannya [tanggal] 22. Kalau yang Lebarannya [tanggal] 21, itu akan pulang sebelum [tanggal] 21,” terang dia.

Akan hal tersebut, petugas kepolisian juga sudah menyiapkan berbagai solusi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol, sudah termasuk pemberlakuan sistem oneway (satu arah). Dan polri akan menggelar operasi ketupat atau operasi keamanan dan kelancaran arus mudik selama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, operasi ketupat ini akan digelar selama 14 hari sejak H-7 lebaran.

Dengan operasi ini diharapkan dapat membuat masyarakat merayakan hari lebaran ataupun mudik dengan nyaman.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak