Penulis:Dewiani Gulo (201011200934)
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Akuntansi adalah kegiatan mencatat dan mengolah data transaksi, juga melibatkan aktivitas jasa yang menyediakan informasi kuantitatif dengan sifat keuangan. Informasi ini berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi dan pencapaian tujuan lainnya. Akuntansi mempunyai beberapa manfaat antara lain :

1. Pemantauan Keuangan : Perusahaan memantau atau mencatat transaksi keuangannya secara teratur, sehingga dapat mengetahui kesehatan atau kondisi keuangan suatu perusahaan.

2. Pengambilan Keputusan : Mampu menyediakan informasi keuangan yang akurat sehingga dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis dan operasional.

3. Kepatuhan Hukum : Memastikan perusahaan mematuhi peraturan perpajakan dan regulasi keuangan yang berlaku.

4. Perencanaan Keuangan : Mampu menyediakan informasi yang diperlukan dalam perencanaan suatu anggaran serta strategi keuangan jangka panjang.

5. Evaluasi Kinerja : Memungkinkan evaluasi kinerja suatu perusahaan dengan membandingkan hasil keuangan dari waktu ke waktu.

Risiko keuangan di era global saat ini mencakup fluktuasi mata uang, perubahan suku bunga, serta peristiwa bencana alam. Kemajuan teknologi juga membawa risiko keamanan cyber yang dapat berdampak pada sektor keuangan. Beberapa tantangan keuangan dalam era global saat ini mencakup ketidakpastian ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19, volatilitas pasar keuangan, peningkatan utang publik, dan ketidakseimbangan perdagangan antar negara. Beberapa Teori yang membahas risiko keuangan di era global, yaitu :

1. Teori Portfolio oleh Harry Markowitz :

  • Menekankan pentingnya diversifikasi untuk mengurangi risiko.
  • Investasi sebaiknya disebar ke berbagai kelas asset untuk mencapai tingkat risiko yang dapat diterima.

2. Teori Struktur modal oleh Franco Modigliani dan Merton Miller :

  • Mempertimbangkan hubungan antara struktur modal perusahaan dan nilai perusahaan.
  • Menyatakan bahwa dalam kondisi tertentu, struktur modal tidak mempengaruhi nilai perusahaan,tetapi dibawah asumsi lain,struktur modal dapat mempengaruhi nilai perusahaan.

Peran akuntansi dalam menghadapi risiko keuangan di era global saat ini sangat penting. Beberapa peran tersebut melibatkan :

1. Pemantauan dan pengukuran risiko :

  • Akuntansi membantu dalam mengidentifikasi,memantau dan mengukur risiko keuangan. Pengukuran ini dapat mencakup volatilitas mata uang,risiko suku bunga dan risiko kredit.

2. Pelaporan Keuangan yang transparan :

  • Melalui laporan keuangan yang transaparan, akuntansi membantu pemangku kepentingan seperti investor dan kreditur dalammenghadapi risiko yang dihadapi perusahaan ditengan kondisi pasar global yang kompleks.

3. Manajemen Risiko Keuangan :

  • Dengan memberikan informasi tentang aspek keuangan perusahaan, akuntansi mendukung proses pengambilan keputusan manajemen terkait manajemen risiko keuangan,termasuk kebijakan asuransi dan instrument keuangan derivatif.

Dengan Peran-peran ini, akuntansi berkontribusi secara signifikan dalam membantu perusahaan mengelola dan mengurangi dampak risiko keuangan ditengah dinamika pasar global.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak