Penulis:Shevila Ghita Sasongko
Intansi:Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Pamulang

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi aset krusial dalam pembangunan suatu negara. SDM yang unggul dan produktif mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, perhatian terhadap pengembangan SDM merupakan hal pokok dalam upaya pembangunan ekonomi suatu negara. Artikel ini akan membahas dampak pertumbuhan ekonomi terhadap pengembangan SDM di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia selama beberapa dekade terakhir telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan SDM. Peningkatan pendapatan per kapita dan akses ke pendidikan yang lebih baik turut mendukung peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Pada tahun 2020, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mencapai 71,9, menandakan peningkatan yang mencolok dari angka 68,3 pada tahun 2010.

Pendidikan memegang peran kunci dalam pengembangan SDM di Indonesia. Upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, beserta peningkatan alokasi anggaran pendidikan dari APBN, berhasil meningkatkan kualitas SDM. Terbukti dengan peningkatan tingkat melek huruf, partisipasi sekolah, dan peningkatan mutu pendidikan serta penguasaan keterampilan.

Selain pendidikan, pengembangan keterampilan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Program pelatihan keterampilan dan magang, yang diberikan baik oleh pemerintah maupun perusahaan swasta di Indonesia, berperan dalam meningkatkan kualitas SDM dan menyiapkan tenaga kerja yang lebih terampil dan produktif. Dukungan pemerintah dalam menciptakan peluang kerja bagi tenaga kerja muda dan meningkatkan daya saing di pasar tenaga kerja juga turut ditekankan.

Mulai tahun 2019 dan seterusnya, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) telah menjadi fokus utama dalam strategi pembangunan masa depan Indonesia. Pilihan strategis ini diarahkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, yang esensial untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Signifikansi pembangunan SDM menjadi kunci utama dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat, terutama di tengah ketidakpastian yang terus berkembang. Langkah strategis ini layak mendapat dukungan penuh dari semua pihak yang memiliki kepentingan.

Penguatan SDM menuju manusia unggul memiliki keterkaitan erat dengan peningkatan produktivitas kerja, menjadi krusial dalam menghadapi persaingan di tengah perubahan cepat dalam bisnis, ekonomi, politik, dan budaya.

Di tengah persaingan ekonomi global yang semakin ketat, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi guna mengatasi masalah kesejahteraan rakyat yang terus berkembang. Ini sejalan dengan aspirasi kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, memanfaatkan potensi bonus demografi dan kekayaan sumber daya alam.

Pandangan ini bukanlah berlebihan, mengingat pencapaian pembangunan yang berhasil diraih oleh Indonesia baru-baru ini, serta proyeksi beberapa lembaga survei internasional yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030, sejajar dengan Cina dan Amerika Serikat.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊