Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekelompok mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 23 November 2023. Kegiatan tersebut bertempatan di SMP Al-Farabi Jl. Rawa Indah, Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok.

Adapun kegiatan tersebut bertemakan “PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE WORD DAN POWERPOINT UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN SISWA – SISWI SMP AL-FARABI”. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa yang beranggotakan 10 orang, yaitu :

  1. Reihan Mursyidi (Ketua Pelaksana)
  2. Davani Ridho Pramudia
  3. Dimas Risqi Pratama
  4. Donny Darmawan
  5. Martinus Lawolo
  6. M. Hilal Kamal
  7. Raza Pahlevi
  8. Reksi Hidayat
  9. Ruskanda Danda Anugrah
  10. Ruskandi Dinda Anugrah

Kegiatan ini dipandu oleh dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang, yaitu Rengga Herdiansyah, A.Md., S.Kom., M.Kom.

Salah satu alasan kami menyelenggarakan kegiatan PKM di SMP Al-Farabi, Depok, adalah karena Donny Darmawan, salah satu anggota kelompok kami, merupakan alumni dari sekolah tersebut

Selain itu, kami percaya bahwa pemahaman tentang Microsoft Office Word dan Powerpoint sangatlah penting bagi siswa SMP, khususnya kelas IX. Hal ini akan memberikan mereka persiapan yang lebih baik saat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yang membutuhkan pemahaman akan Microsoft Office Word dan Powerpoint.

Kegiatan berlangsung selama 4 jam, dimulai pukul 13.00 hingga 17.00. Acara diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan sambutan dari Reihan Mursyidi selaku Ketua Pelaksana. Setelah sambutan, Reihan Mursyidi langsung menyampaikan materi seputar Microsoft Office Word. Selanjutnya, peserta didik beristirahat selama 20 menit sebelum melanjutkan dengan materi berikutnya, yakni Microsoft Office PowerPoint yang disampaikan oleh Martinus Lawolo.

Foto : Penyampaian materi seputar Microsoft Word oleh Reihan Mursyidi. mediasembilan.com
Foto : Penyampaian materi seputar Microsoft Power Point oleh Martinus Lawolo. mediasembilan.com

Para peserta didik terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Mereka dengan semangat mengikuti kuis yang disiapkan oleh panitia serta berpartisipasi dalam permainan yang disiapkan oleh tim mahasiswa.

Setelah 4 jam berlalu, saatnya bagi kami untuk menyerahkan sertifikat dan plakat kepada SMP Al-Farabi yang diwakili oleh Iwan Marwan, salah satu guru di SMP Al-Farabi. Kami juga mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto bersama anggota kelompok dan siswa/i SMP Al-Farabi. Kami merasa sangat terhormat dapat berbagi sedikit ilmu dan berharap bahwa pengetahuan yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membuka wawasan baru bagi para siswa.

Foto : Penyerahan plakat kepada SMP Al-Farabi
Foto bersama seluruh anggota PKM
Foto bersama peserta didik SMP Al-Farabi

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊