Penulis:Wiwin Dwi Lestari
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi melakukan kegiatan dan usaha-usaha sebagai berikut:

1. Mewajibkan anggota menyimpan secara teratur pada koperasi.

2. Menyelenggarakan usaha simpan pinjam untuk anggota dengan tingkat jasa yang layak.

3. Menghimpun dan memasarkan produksi yang dihasilkan oleh anggota.

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Peran koperasi dalam menyelenggarakan UMKM yaitu sebagai penyedia atau memberikan modal dalam kegiatan UMKM, modal yaitu salah satu unsur utama dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya. Dengan adanya modal yang cukup banyak atau bebas, para usahawan dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

Saya akan membahas salah satu koperasi yaitu PT. Permodalan Nasional Madani Mekar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang memberikan layanan khusus bagi perempuan persejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha. Sistem pengajuan PNM Mekar ini harus perkelompok minimal anggota kelompok nya yaitu 7 orang, kenapa harus berkelompok karena biar mudah nanti bayar angsuran nya jadi tidak perlu door to door ke rumah-rumahnya. Bunga yg diberikan PNM mekar ini juga relatif kecil yaitu sebesar 0,25%, jika salah satunya anggotanya tidak mampu membayar angsuran nya maka semua anggota lainnya wajib tanggung renteng. Tanggung renteng yaitu tanggung jawab semua anggota untuk menanggung angsuran tersebut. Tanggung renteng dapat bermanfaat untuk meringankan beban salah satu anggota yang tidak mampu membayar angsuran nya.

Bagaimana cara pengajuan PNM Mekar, caranya yaitu

  1. Yang pertama kita harus bikin kelompok minimal 7 orang jika sudah kita datang atau hubungi ke pihak PNM Mekar
  2. Setelah pengajuan permohonan pembiayaan, pihak PNM akan mendatangi rumah setiap anggota untuk melakukan survei terkait usaha kita, hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan pemberian pinjaman.
  3. Setelah disetujui biasanya perkelompok mendapatkan bimbingan selama 5 hari untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan yang diperlukan.
  4. Setelah melewati masa bimbingan, modal bisa dicairkan.
  5. Lalu untuk kedepannya diwajibkan melakukan setoran pembayaran kredit usaha sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan
  6. Jika terdapat salah satu anggota yang kabur maka anggota lainnya diharuskan menutupi setoran anggota tersebut dengan cara iuran (tanggung renteng).

Dan kita juga bisa menabung di PNM mekar.

Contohnya yaitu usaha penjahit ibu Yani seorang penjahit dia membuka jahitan dirumah seperti motong celana, dan baju, jahit resleting, dan jahit baju yang bolong. Lalu ibu Yani berniat meminjam modal ke PNM mekar untuk mengembangkan usaha jahitnya agar lebih besar lagi, ibu Yani mendatangi petugas PNM mekar untuk pengajuannya, setelah itu petugas datang ke rumah ibu Yani apakah benar ibu Yani membuka usaha jahit dirumahnya. Jika memang benar maka akan diajukan, jika sudah nunggu beberapa hari untuk pencarian modal nya jika sudah di ACC lalu kedepannya ibu Yani harus membayar kewajiban nya sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan. Dengan adanya PNM mekar ini sangat membantu UMKM untuk membuka usaha baru atau mengembangkan usaha dengan suku bunga yang relatif kecil.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak