Penulis:Rido Ramadhani
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Literasi digital menjadi hal yang esensial dalam pemanfaatan teknologi. Baik di lingkungan  pembelajaran, akademis, maupun profesional, literasi digital memegang peran penting.  Penerapan literasi digital tidak hanya memungkinkan masyarakat untuk lebih bijak dalam  memanfaatkan dan mengakses teknologi, tetapi juga meningkatkan kemampuan pengguna  dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi. Literasi digital mencakup  keahlian untuk menggunakan teknologi dengan bijak, bertujuan menciptakan interaksi dan  komunikasi yang positif.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital merujuk pada kemampuan seseorang untuk menggunakan, memahami, dan  berpartisipasi secara efektif dalam dunia yang didigitalisasi. Ini mencakup keterampilan dan  pengetahuan yang diperlukan untuk mengakses, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan  menciptakan informasi menggunakan teknologi digital. Literasi digital bukan hanya tentang  kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak, tetapi juga  melibatkan pemahaman etika digital, keamanan online, analisis kritis terhadap informasi, dan  kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan digital.

Prinsip Dasar Literasi Digital

Prinsip literasi digital mencakup sejumlah konsep dasar yang membimbing individu dalam  mengembangkan kemampuan dan pemahaman mereka terhadap dunia digital. Berikut adalah  beberapa prinsip literasi digital yang umumnya diakui:

1. Akses : Kemampuan untuk mengakses dan menggunakan teknologi  digital. Ini mencakup pemahaman tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan  konektivitas internet. 

2. Evaluasi : Keterampilan untuk mengevaluasi informasi secara kritis. Ini  melibatkan kemampuan untuk mengenali sumber yang dapat dipercaya,  mengidentifikasi bias, dan menilai keakuratan informasi. 

3. Pemahaman : Memahami cara menggunakan alat-alat digital untuk mencari,  menilai, dan menyusun informasi. 

4. Komunikasi : Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif melalui  media digital. Ini mencakup paham tentang etika digital, norma-norma perilaku  online, dan kemampuan berkolaborasi dalam lingkungan digital. 

5. Pemecahan Masalah : Kemampuan untuk mengatasi masalah dan menemukan solusi  melalui teknologi digital. Ini termasuk pemahaman terhadap permasalahan keamanan  digital dan keterampilan dalam mengatasi tantangan teknologi. 

6. Kritis dan Kreatif : Kemampuan untuk berpikir kritis terhadap informasi dan juga  menjadi kreatif dalam menggunakan teknologi untuk menciptakan sesuatu yang baru.  Literasi digital mencakup keseimbangan antara keterampilan analitis dan kreativitas.

7. Etika Digital : Pemahaman tentang tanggung jawab dan etika dalam  penggunaan teknologi digital. Ini mencakup perilaku online yang etis, hak cipta, dan  privasi digital. 

8. Keamanan : Kesadaran dan tindakan untuk melindungi diri sendiri dan  orang lain dari risiko keamanan digital.

Manfaat Literasi Digital 

Literasi Digital telah membawa banyak manfaat terutama dalam sektor Pendidikan, berikut  manfaa- manfaat Literasi Digital: 

Menambah wawasan dan pengetahuan 

Literasi digital memungkinkan individu untuk mengakses berbagai informasi dari  berbagai sumber, baik lokal maupun internasional.  

2. Meningkatkan kreativitas dan inovasi 

Literasi digital dapat membantu individu untuk mengekspresikan kreativitasnya dan  menghasilkan inovasi baru.  

3. Meningkatkan keterampilan komunikasi 

Literasi digital dapat membantu individu untuk berkomunikasi secara efektif dengan  orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung 

4. Meningkatkan partisipasi Masyarakat 

Literasi digital dapat membantu individu untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan  masyarakat, baik secara lokal maupun global 

5. Meningkatkan keamanan dan privasi 

Literasi digital dapat membantu individu untuk melindungi diri dari berbagai ancaman  keamanan dan privasi di dunia digital

Dari kelima manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa literasi digital merupakan  keterampilan yang penting untuk dimiliki di era digital ini. Literasi digital dapat membantu  individu untuk memanfaatkan teknologi digital secara positif dan produktif.

Tantangan Literasi Digital

Tantangan literasi digital adalah berbagai hambatan yang dihadapi individu dalam  mengembangkan keterampilan literasi digitalnya. Tantangan-tantangan tersebut dapat berasal  dari berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.

Berikut adalah beberapa tantangan literasi digital yang umum ditemui:

1. Arus informasi yang banyak dan beragam 

Salah satu tantangan literasi digital adalah arus informasi yang banyak dan beragam.  Individu dihadapkan pada berbagai informasi dari berbagai sumber, baik yang benar  maupun salah, baik yang bermanfaat maupun berbahaya. 

2. Konten negative 

Konten negatif dapat berupa konten yang menyebarkan kebencian, ujaran kebencian,  pornografi, atau penipuan. Konten negatif dapat berdampak negatif terhadap individu  dan masyarakat. 

3. Keterampilan teknis yang terbatas 

Beberapa individu mungkin memiliki keterampilan teknis yang terbatas dalam  menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat menghambat individu untuk mengakses  dan menggunakan informasi digital secara efektif.

Literasi Digital Mahasiswa

Literasi digital mahasiswa adalah kemampuan mahasiswa untuk menggunakan teknologi  digital secara efektif dan positif dalam berbagai konteks akademik, sosial, dan profesional.  Literasi digital mahasiswa sangat penting untuk dimiliki di era digital ini. Literasi digital  mahasiswa dapat membantu mahasiswa untuk: 

1. Meningkatkan prestasi akademik 

Literasi digital mahasiswa dapat membantu mahasiswa untuk mengakses berbagai  sumber belajar, baik secara online maupun offline.  

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi 

Literasi digital mahasiswa dapat membantu mahasiswa untuk berkomunikasi dan  berkolaborasi secara efektif dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak  langsung.  

3. Meningkatkan partisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik Literasi digital mahasiswa dapat membantu mahasiswa untuk berpartisipasi dalam  berbagai kegiatan akademik dan non-akademik, baik di kampus maupun di luar  kampus. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan diri dan  berkontribusi kepada masyarakat. 

Berikut adalah beberapa keterampilan literasi digital yang penting untuk dimiliki oleh  mahasiswa: 

1. Keterampilan teknis 

2. Keterampilan berpikir kritis

3. Keterampilan kreatif 

4. Keterampilan komunikasi 

5. Keterampilan kolaborasi 6. Keterampilan keamanan dan privasi

Mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan literasi digitalnya dengan berbagai cara,  seperti: 

• Mengikuti kursus atau pelatihan literasi digital 

• Membaca buku atau artikel tentang literasi digital 

• Menonton video tutorial tentang literasi digital 

• Berlatih menggunakan teknologi digital secara aktif • Berpartisipasi dalam kegiatan literasi digital

Dengan meningkatkan keterampilan literasi digitalnya, mahasiswa dapat memanfaatkan  teknologi digital secara positif dan produktif untuk meningkatkan prestasi akademik,  keterampilan sosial, dan partisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik.

Referensi :

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/ : Pengertian dan Manfaat Litersi Digital https://www.gramedia.com/ : Komponen dan Pengaruh Literasi Digital (Penulis : Rido Ramadhani)

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊