Penulis:Fayruz Niken Aqilla (201010500973)
Instansi:Universitas Pamulang (Prodi Manajemen)

Tangerang – Program magang dan studi independen bersertifikat dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi. Program ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa dalam menentukan jalannya pembelajaran, termasuk melalui magang dan studi independen. Merdeka Belajar adalah konsep pendidikan tinggi di Indonesia yang bertujuan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengesplor kegiatan pembelajaran diluar kampus.

Kampus Merdeka merupakan implementasi dari konsep ini, di mana perguruan tinggi didorong untuk memberikan kebebasan lebih kepada mahasiswa dalam menentukan jalannya studi. Mahasiswa dapat memilih untuk melakukan magang di berbagai industri atau organisasi sebagai bagian dari pengalaman belajar praktis. Mahasiswa dapat memilih untuk mengejar studi independen di luar mata kuliah yang sudah disediakan oleh perguruan tinggi, dengan tetap memastikan bahwa pembelajaran mereka terarah dan mendukung pencapaian kompetensi tertentu. Keberhasilan menyelesaikan program magang atau studi independen dapat diakui dengan sertifikat resmi, yang dapat menjadi nilai tambah pada rekam jejak pendidikan mahasiswa.

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan mahasiswa lebih banyak kendali atas pendidikan mereka, memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan praktis, mengakses pengalaman dunia nyata, dan mempersiapkan diri untuk karir setelah lulus. Lebih dari  36.000 mahasiswa, 222 mitra, 800 perguruan tinggi bergabung dalam program MSIB Batch 5 ini.

BTPN Syariah merupakan salah satu mitra yang bergabung dalam kesuksesan kegiatan MSIB. Lebih dari 1.000 mahasiswa diseluruh Indonesia bergabung dengan BTPN Syariah dalam program magang ini. BTPN Syariah membuka 8 posisi magang yang juga tersebar di pulau Jawa, Kalimantan, BaliKu, Sulawesi dan Sumatra. Kesembilan posisi tersebut yaitu:

  1. Monitoring and Reporting
  2. Community Empowerment Officer
  3. Project and Social Media Coordinator
  4. Project and Social Media Officer
  5. Design and Communication Officer
  6. UX Research
  7. Learning Specialist
  8. Fasilitator Pendamping

Program dirancang untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat tertentu, terutama yang berada dalam sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemberdayaan tersebut dapat melibatkan berbagai aspek, seperti pelatihan keterampilan umtuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha, pendampingan, serta pengembangan jaringan dan pasar.

Dengan memanfaatkan media digital aplikasi Kita Bestee (untuk pengguna fasilitator pendamping) dan Besteeku (untuk pengguna nasabah) yang didalamnya terdapat berbagai materi, berbagai video dan infografis menarik guna menunjang pembelajaran usaha UMKM. Program magang ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan berpergian, kegiataan volunteer, bertemu dengan orang-orang baru, dan belajar berbagai budaya baru dipenjuru Indonesia.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊