Penulis:Noviyanti Rahmah
Instansi:Universitas Pamulang

Halo semua, semoga kita semua dapat di berkati oleh tuhan semesta alam….aamiin

izinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Perkenalkan saya Noviyanti Rahmah Mahasiswi dari Universitas Pamulang Prodi S1 Akuntansi Angkatan tahun 2020. Saat ini, saya sedang mengikuti kegiatan program kampus mengajar angkatan 6 yang ditugaskan di SDN Pondok Aren 02.

Kampus mengajar merupakan suatu program yang sangat berguna untuk banyak pihak diantaranya pihak sekolah, para murid dan tentunya kami oara pelajar mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk mengikuti program tersebut. Program kampus mengajar sendiri memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan literasi, meningkatkan numerasi serta meningkatkan adaptasi teknologi di sekolah penugasan.

Mengikuti program kampus mengajar tentunya memberikan saya begitu banyak pengalaman baru yang belum saya temukan sebelumnya. Dari awal saya mendaftarkan diri sampai nama saya tercantum sebagai salah satu mahasiswa yang diizinkan untuk mengikuti program ini, ada banyak cerita yang saya dapatkan.

Terdapat pembaharuan dari program kampus mengajar 6 ini karena yang awalnya para anggota hanya ditugaskan untuk sekolah jenjang dasar dan menengah namun kali ini untuk sekolah menengah keatas juga yang tentunya hal tersebut menjadi tantangan baru untuk kita semua.

Menurut saya, program kampus mengajar memiliki susunan progam yang sangat tersusun. Ketika nama saya telah dikatakan lolos, saya dan teman-teman yang lain berkesempatan untuk memilih sekolah penugasan yang memang dekat dari wilayah tempat tinggal saya.

Lalu beberapa hari kemudian, sekolah penugasan diumumkan dan tim pun dibuat. Dan kemudian, kami mengikuti pembekalan kurang lebih 1 bulan, pembekalan ini dilakukan hanya secara daring. Dapat mengikuti pembekalan merupakan suatu hal yang sangat saya banggakan. Karena ada banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari para pemateri yang sangat luar biasa dalam menyampaikan sebuah materi.

Menjadi salah satu mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti program kampus mengajar tentu bukanlah sesuatu yang saya sangka. Setelah saya mengikuti beberapa tahapan, tiba lah saya di tahapan penugasan. Ternyata disekolah penugasan saya yakni SDN pondok aren 02 terdapat suatu kendala. Kendala tersebut adalah kurangnya tenaga kerja untuk mengajar dalam bidang studi bahasa Inggris, BTQ dan PJOK.

Karena meningkatkan Literasi dan Numerasi merupakan tugas kami. Maka kami bertugas Mengisi kekosongan guru tersebut hingga pihak sekolah mendapatkan guru untuk mengajar bidang studi tersebut. Mengajar anak SD bukanlah suatu kemudahan untuk saya. Apalagi saya lebih sering mengajar untuk murid pada kelas 1 dan 2, yang dimana mereka masih memiliki dunia sendiri untuk mendapatkan kebahagiaan. Namun dari situ saya bisa belajar tentang bagaimana memahami tingkah laku anak, bagaimana seharusnya respon saya terhadap anak kecil dan masih banyak lagi. Selain mengajar tentunya saya dan tim memiliki sebuah program kerja yang sekiranya dapat memberikan perubahan bagi sekolah khususnya dalam hal literasi, numerasi dan adaptasi teknologi.

Untuk meningkatkan Literasi pada sekolah, progam kerja yang saya lakukan, salah satunya sebagai berikut.

  1. Melakukan pembiasaan membaca buku bersama di pagi hari sebelum kegiatan mengajar – belajar dilaksanakan

Dalam program ini, saya menjadwalkan 1 kelas di setiap minggunya. Sesuai dengan program nya yang kami lakukan disini mengajak para murid untuk membaca satu buku selama 30 menit lalu setelah selesai kami memberikan beberapa pertanyaan terkait buku yang dibaca. Dengan begitu, para murid akan memahami buku yang dibaca, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan menjelaskan sesuatu pada orang lain.

Kegiatan membaca murid SDN Pondok Aren 02. mediasembilan.com

Lalu, untuk meningkatkan Numerasi pada sekolah. Salah – satu yang saya dan tim lakukan adalah:

  1. Melakukan kegiatan market day, dalam kegiatan ini hanya untuk siswa kelas 4,5,6

Dalam kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi dapat memahami nilai tukar mata uang yang digunakan, mengetahui cara jual beli yang baik dan benar, mengetahui cara mendistribusikan makanan. Karena memang kami menugaskan para siswa-siswi yang membuat apa yang nanti mereka jual.

Kegiatan market day SDN Pondok Aren 02. mediasembilan.com

Dan untuk meningkatkan adaptasi teknologi pada sekolah, salah satu program yang kami lakukan adalah:

  1. Mengenalkan Microsoft office dan Canva pada anak kelas 6

Progam ini bertujuan agar para murid memiliki sedikit pemahaman mengenai Microsoft office dan Canva, fungsi dari Microsoft office dan Canva, bagaimana cara menggunakan Microsoft office dan Canva. Program ini kamu lakukan seperti membuat seminar, ada pemateri, sesi tanya jawab dan kesimpulan. Untuk kesimpulan sendiri kami memberikan tugas yaitu membuat biografi, ppt yang berisikan materi menggunakan Microsoft dan Canva.

Pembelajaran microsoft office dan canva. mediasembilan.com

Ketiga progam tersebut sudah kami laksanakan dengan baik. Tentunya dari program tersebut banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan. Para murid-murid pun antusias mengikuti program dari awal sampai akhir.

Menjadi salah satu anggota kampus Mengajar merupakan sesuatu hal yang tidak pernah saya kira. Mengikuti kampus Mengajar memberikan saya begitu banyak hal baru. Karena bertemu teman baru jadi tentu cara adaptasi untuk saling mengenal berbeda. Cara memecahkan masalah yang ada juga berbeda. Namun tetap itu hal yang sangat menarik untuk saya.

Harapan saya, kedepannya diri ini bisa terus bertumbuh dengan memberikan manfaat bagi orang lain. Dan saya harap kalian semua terus berbahagia karena guru saya di kampus mengajar yaitu pak is pernah memberikan nasehat kepada saya “tidak perlu menunggu sukses untuk bahagia namun kebahagiaanlah yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan.” Salam sukses dan salam sejahtera untuk kita semua

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak