Depok – Dengan pesatnya perkembangan teknologi, kecerdasan buatan (AI) telah menarik perhatian dalam berbagai aspek kehidupan manusia. AI atau kecerdasan buatan mengacu pada kemampuan mesin atau komputer untuk meniru kecerdasan manusia.Meski konsep tersebut sudah ada sejak abad ke-20, namun baru belakangan ini kemampuan komputasi yang semakin canggih dan ketersediaan data yang melimpah memungkinkan perkembangan AI semakin cepat.Kemampuan  AI dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memproses data dengan kecepatan  luar biasa telah membuka pintu untuk penerapan teknologi ini di berbagai bidang.Di dunia pendidikan, AI berjanji untuk merevolusi cara kita mengajar dan belajar.

Dengan kemampuannya untuk membuat kurikulum yang disesuaikan, memberikan umpan balik secara real-time, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, AI memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil pembelajaran. Namun,  kemampuan luar biasa ini juga menimbulkan keraguan. Bagaimana kita bisa memaksimalkan kinerja AI? Ini adalah pertanyaan yang juga harus dipertimbangkan ketika memasukkan AI ke dalam pendidikan.

 Pada Kamis, 16 November 2023 kami  telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), kegiatan ini di laksanakan di MTS AL-HAMIDIYAH yang berlokasi di Raya Sawangan KM.2 No.12, Depok, Jawa Barat. Yang bertemakan “Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Adapun materi yang kami sampaikan yaitu : Pengertian AI, Sejarah, Kelebihan dan kekurangan, penggunaan AI di sekitar kita dan yang terakhir adanya kegiatan praktek oleh teman-teman MTS AL-HAMIDIYAH.

Kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dengan beranggotakan :

MahasiswaNIM
Gading Islami211011400323
Agus Prabowo211011400281
Sandra Lesmana211011400301
Yuda pebrian211011401812
Tania Puspita Listya Ningrum211011400311
Muhammad Fathi Farhat211011400275
Muhammad Ikhlas Syahidan201011401756
Fathur Rahman211011402121
Firdaus181011401083
Ananda Eka Satria211011400342
Sambutan waka kurikulum. mediasembilan.com

Acara di mulai dengan pembukaan doa serta pembacaan susunan acara oleh Moderator kami yaitu Fathur Rahman, Di lanjutkan sambutan dari pihak sekolah Waka kurikulim Ibu Siti Andriyani adapun yang di sampaikan beliau tentang arahan untuk murid-murid dan rasa terima kasih kepada kami dan di lanjutkan pembukaan oleh ketua kelompok kami Gading Islami. Beliau berharap dengan di laksanakannya kegiatan ini di harapkan teman-teman MTS AL-HAMIDIYAH mampu mengikuti dan menerapkan materi yang telah di sampaikan.

Penyampaian materi. mediasembilan.com

Pada sesi pemaparan materi semua berjalan dengan baik dan interaktif, Dengan di jelaskannya materi oleh kelompok kami yaitu Muhammad Fathi Farhat dan Sandra Lesmana. Teman-teman dari MTS Al-HAMIDIYAH mendengarkan dan mencatat point-point penting yang telah pemateri sampaikan, Lalu dilanjutkan dengan sesi praktek dimana teman-teman mengikuti arahan dari kelompok kami yaitu Agus Prabowo untuk menerapkan penggunaan AI.

Pelaksanaan sesi praktek. mediasembilan.com

Teman-teman AL-HAMIDIYAH diminta untuk membuat sebuah materi, powerpoint dan membuat gambar dengan tema yang telah di tentukan secara otomatis, dengan ini kami berharap dapat membantu kegiatan belajar dan meningkatkan efektifitas.

Sesi foto bersama. mediasembilan.com

Pada sesi akhir kegiatan ini kami memberikan kenang-kenangan berupa plakat dan sertifikat oleh ketua kelompok kami yaitu Gading Islami kepada kepala MTS-ALHAMIDIYAH bapak Hari Abdus Salam, S.Pd sebagai ucapan terimakasih karena telah membantu kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kami berharap apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat untuk teman-teman MTS AL-HAMIDIYAH serta dapat langsung di terapkan dalam kegiatan belajar teman-teman sekalian.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak