Nama:Seftiani Amindari
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Dalam perjalanan tak terelakkan menuju kemajuan teknologi, peran sastra tidak pudar, malah semakin memperkuat kehadirannya dalam menandai perubahan budaya. Saat kita menggenggam erat perangkat pintar dan terhubung dengan dunia melalui jaringan digital, sastra memiliki daya magnet yang tak tergantikan. Mengapa sastra tetap sangat penting dalam era digital ini? Mari kita jelajahi alasan-alasannya yang memikat dan membuka pintu ke dunia kaya makna yang terus kita temukan di balik serbuan teknologi modern.

1. Komunitas Sastra Online

Di tengah perkembangan teknologi, komunitas sastra online menjadi semakin relevan. Pembentukan komunitas ini memungkinkan para pembaca dan penulis untuk saling berbagi pendapat, ide, dan karya. Ruang diskusi dan eksplorasi sastra semakin terbuka lebar, menciptakan lingkungan yang dinamis dan interaktif.

2. Pengembangan Kemampuan Literasi

Sastra terus berperan dalam meningkatkan kemampuan literasi, termasuk pemahaman membaca dan menulis. Kemampuan-kemampuan ini tetap esensial dalam dunia digital, di mana interaksi dengan teks masih menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

3. Platform Online untuk Penulisan Kreatif

Kehadiran platform online memberikan peluang bagi penulis untuk berbagi karya dengan audiens yang lebih luas. Sosial media, website, blog, dan platform lainnya menjadi wadah bagi penulis untuk berkembang dan dikenal. Hal ini menciptakan kesempatan untuk menciptakan karya-karya yang lebih kaya dan mendalam.

4. Identitas Budaya dan Sejarah

Sastra berperan penting dalam menjaga dan merayakan identitas budaya serta sejarah suatu bangsa. Di era globalisasi digital, sastra memperkenalkan beragam budaya dari beberapa daerah, membentuk jembatan antar masyarakat di seluruh dunia.

5. Kolaborasi Lintas Media

Era digital memfasilitasi kolaborasi lintas media yang lebih besar antara sastra dan bentuk seni lainnya, seperti film, musik, dan seni visual. Hasil dari kolaborasi ini menciptakan karya-karya yang lebih menarik dan menggabungkan kekuatan berbagai media untuk menghasilkan pengalaman yang mendalam bagi para penikmatnya.

Dengan demikian, sastra tidak hanya bertahan di era digital, tetapi juga memberikan kontribusi yang berharga dalam membentuk dinamika budaya yang terus berkembang. Sastra menjadi pilar yang memelihara warisan dan merajut masa depan di tengah arus teknologi yang terus berubah.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak