Tangerang – Ikan guppy atau poecilia reticulata merupakan salah satu spesies ikan hias yang hidup di air tawar dan paling popular di dunia.

Ikan guppy mampu menyesuaikan diri di di berbagai tempat serata mudah beranak, di Indonesia ikan guppy dapat di temui di parit persawahan  selokan. Namun ikan guppy yang ada di persawahan parit dan selokan itu berbeda dengan ikan guppy hias atau poecilia reticulata.

Seperti yang kamu ketahui jika ikan guppy jika ikan guppy mampunyai daya Tarik tersendiri dan juga sanagat mudah untuk di rawat bagi penghobi ikan hias. Dan juga sangat mudah untuk membudidyakan ikan guppy ini.

Ikan guppy bisa di budidaya juga loh dengan tempat yang bisa tergolong kecil bagi pembudidaya ikan seperti gallon bekas air mineral dan ember bekas cat.

Lalu, bagaimakah caranya?Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pilihlah Indukan Yang Bagus

Cara berternak ikan guppy yang pertama adalah pilihlah indukan dan pejantan yang berkualitas tinggi agar keturunan atau anakan nya juga berkualitas dan tidak cacat warna dan fisik. Ciri – ciri indukan jantan yang bagus yaitu mempunyai warna yang cerah, ekor yang Panjang dan mempunyai badan yang bagus, untuk indukan betina pilihlah indukan yang unggul dengan usia minimal 4 bulan. Dan jangan lupa untuk memperhatikan badan indukan yang sehat seperti tidak ada bekas luka pada ikan guppy tersebut.

Ingat jika ingin membudidaya ikan guppy harus yang satu spesies supaya keturunan nya bagus dan tidak menjadi cacat seperti cacat warna dan fisik karna kalau berbeda spesies akan mengakibatkan keturunan ikan guppy yang kurang bagus.

2. Siapkan Wadah Untuk Berternak

Foto wadah untuk ikan guppy. mediasembilan.com

Dalam berternak ikan guppy ini kamu harus menyiapkan galon bekas air mineral atau ember bekas cat dan pastikan wadah atau tempat untuk berternak ikan guppy itu bersih tidak ada bekas lumut atau bahan kimia dari wadah yang akan menajdi tempat pemijahan ikan guppy kita karna jika ada kotoran atau lumut akan berpengaruh pada ikan guppy yang mengakibatkan ikan guppy kita menjadi sakit dan jamuran.

3. Kadar Air Pada Media Budidaya

Kadar air pada budidaya ikan guppy itu harus bagus  dengan kadar ph 6,5-7,2. Cara membuat kadar air bagus adalah dengan memilih sumber air bagus dan melakukan pendiaman air selama 1 malam sebelum memasukan indukan ikan guppy kita, alangkah lebih baik nya kita juga menambahkan garam ikan dan obat biru pada air tersebut sebelum kita memasukan ikan ke media pembiyakannya agar ikan kita tidak terkena jamur.

4. Melakukan Proses Pemijahan

Cara ternak ikan guppy selanjutnya adalah proses pemijahan, proses pemijahan atau perkawinan ini supaya ikan guppy cepat beranak.lakukan lah proses tersebut di atas wadah tadi yang sudah di isi air.

Proses pemijahan merupakan proses paling penting bagi pembdidaya ikan guppy agar cepat beranak dan menghasilan.

Tahap mengawinkan ikan guppy ini adalah proses pemijahan biasnya proses pemijahan memiliki perbandingan indukan dan pejantan seperti 1:3 atau 1 banding 3, 1 jantan dan 3 betina dan biasanya untuk 1 media gallon berisi  3 pejantan dan 8 betina.

Saat melakukan pemijahan jangan lupa memberikan media eceng gondok atau tumbuhan air untuk tempat dari anak ikan guppy itu supaya tidak di makan lagi oleh indukannya. Proses pemujahan biasanya berlangsung mulai dari 3 sampai 4 minggu sampai lahir nya embrio pada ikan guppy.

5. Pendederan Benih (Burayak)

Proses pendederan  benih(burayak) proses ini adalah proses perpindahan anakan ikan guppy dari indukan ke media lain supaya anakan ikan guppy tidak di makan oleh indukannya sendiri.

Proses perpindahan anakan ikan guppy ini hamper sama seperti membesarkan ikan guppy yang muda dengan penambahan eceng gondok pada gakon untuk berteduhnya anakan ikan guppy itu, untuk anakan ikan guppy biasanya di beri pakan infusoria, kutu air, cacing beku dan pellet halus.

Demikian lah ulasan cara berternak atau membudidayakan ikan guppy di tempat yang minimalis dan bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah sekarang. Semoga informasi di atas bisa membabtu anda berternak ikan guppy dengan mendia yang minimalis dan untung yang lumayan menjanjikan.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊