Mediasemebilan.com – Dalam perkembangan teknologi yang juga mempengaruhi perkembangan pendidikan terutama generasi muda menjadi perhatian penting untuk di laksanakan nya sebuah kegiatan pelatihan yang dapat membantu anak-anak bangsa khusus nya dalam kegiatan kali ini, mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) telah melaksanakan program Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berfokus pada pelatihan computational thinking dan peningkatan motorik anak usia dini di PAUDQU Baitussyuhada, Bojongsari, Depok.
Kegiatan yang dilaksanakan pada 13 Oktober 2024 ini, mengusung tema “Pelatihan Game Berbasis Computational thinking untuk meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini di PAUDQU Baitussyuhada”.
Kegiatan tersebut terdiri dari pembukaan acara, pelatihan game berbasis computational thinking kepada siswa dan sosialisasi kampus kepada wali siswa, selang berlangsung nya acara dilakukan ice breaking dan tak lupa sebagai reward agar para siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelatihan dilanjutkan dengan doorprize dari panitia penyelenggara acara PKM.
Program ini dilaksanakan oleh tim mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer dari program studi Teknik Informatika yang ingin turut serta berkontribusi dalam memaksimalkan peluang sejak dini bukan hanya keterampilan yang penting bagi mereka yang berada dalam dunia teknologi, tetapi juga merupakan keterampilan dasar yang dapat diterapkan di berbagai aspek kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu mengenai computational thinking dimana meliputi pemecahan masalah secara logis dan terstruktur.
Program Pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari tim mahasiswa yang terdiri dari Dandi Pangestu, Dominikus Delianus Zebua, Helenica Injili, Julius Caesar Key, Nabilah Nur Zakiyyah, Naofal Syamil Azaky, Wahyu Addiyan Syach, Zulaizah Rahayu dengan ketua pelaksana PKM yaitu Nurul Fauziah Ketua pelaksana.
Nurul Fauzah sebagai ketua pelaksana kegiatan PKM melihat bahwa terdapat salah satu solusi yang dapat diterapkan di PAUDQU Baitussyuhada adalah penerapan metode e-learning berbasis teknologi dengan pendekatan gamification.
Meskipun pada umumnya pendekatan ini diterapkan di tingkat pendidikan formal yang lebih tinggi, prinsip-prinsip dasar dari gamifikasi dapat disesuaikan untuk pembelajaran anak usia dini. Penggunaan permainan edukatif yang menekankan logika sederhana dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.
Dengan terlaksanakan nya Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan wawasan dan keterampilan motorik anak, serta mampu meningkatkan kualitas pendidikan di PAUDQU Baitussyuhada. Dengan demikian, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya guna bagi masyarakat.