Penulis:Siska Amelia
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Era digitalisasi atau revolusi digital adalah fenomena yang telah banyak diperdebatkan oleh para ahli di berbagai bidang. Pandangan mereka tentang era digitalisasi dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan fokus penelitian masing-masing. Berikut beberapa kutipan dan pendapat dari beberapa ahli terkenal:

  • Klaus Schwab (Pendiri Forum Ekonomi Dunia): “Era keempat dari Revolusi Industri adalah keberadaan teknologi yang mengubah secara fundamental cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Ini adalah Revolusi Industri 4.0.”
  • Don Tapscott (Penulis dan Ahli Bisnis): “Era digitalisasi adalah perubahan mendasar dalam cara kita berinteraksi dan mengelola informasi. Ini memungkinkan kolaborasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mempercepat inovasi.”
  • Erik Brynjolfsson dan Andrew McAfee (Penulis “The Second Machine Age”): “Era digitalisasi adalah periode di mana teknologi digital memungkinkan komputer dan perangkat cerdas untuk melakukan pekerjaan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia.”

Pendapat dan pandangan para ahli ini mencerminkan pentingnya perubahan yang sedang terjadi dalam era digitalisasi, yang mencakup transformasi dalam teknologi, ekonomi, budaya, dan masyarakat secara keseluruhan. Era ini memiliki dampak yang mendalam pada banyak aspek kehidupan kita, dan para ahli terus memeriksa dan menganalisis perubahan tersebut.

Era digitalisasi adalah periode dalam sejarah di mana teknologi digital, seperti komputer dan internet, telah mengubah secara mendasar cara manusia bekerja, berkomunikasi, belajar, dan hidup. Ini adalah zaman di mana informasi dan data diubah menjadi bentuk digital, memungkinkan pengolahan, penyimpanan, dan pertukaran yang lebih efisien. Beberapa ciri era digitalisasi meliputi:

  • Konektivitas: Orang dapat terhubung dengan cepat dan mudah di seluruh dunia melalui internet. Ini memfasilitasi komunikasi, kolaborasi, dan perdagangan global.
  • Mobilitas dan Fleksibel: Era digital memungkinkan mobilitas dan fleksibilitas dalam pekerjaan dan gaya hidup. Banyak pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh, dan akses informasi hampir di mana saja.
  • Big Data: Pengumpulan dan analisis data besar telah menjadi bagian penting dari banyak aspek kehidupan, termasuk bisnis, ilmu pengetahuan, dan pemerintahan.
  • Kemajuan Teknologi: Perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan, kecerdasan mesin, dan Internet of Things (IoT) mengubah banyak industri dan cara kita menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Keamanan Siber: Keamanan digital menjadi semakin penting, mengingat seberapa banyak data pribadi dan bisnis yang disimpan dalam bentuk digital.
  • E-Commerce dan Bisnis Online: Perdagangan elektronik (e- commerce) telah berkembang pesat, memungkinkan pembelian dan penjualan barang dan jasa secara online.
  • Pendidikan Digital: Pendidikan telah berubah dengan adopsi teknologi digital dalam proses pembelajaran, yang mencakup e-learning dan platform pembelajaran online.

Era digitalisasi membawa manfaat besar dalam efisiensi dan aksesibilitas, tetapi juga menimbulkan tantangan baru, seperti masalah privasi dan keamanan. Perkembangan dalam era ini terus berlanjut, dan penting bagi individu dan organisasi untuk beradaptasi dan mengembangkan keterampilan digital agar tetap relevan dan sukses dalam lingkungan yang terus berubah ini. Mengembangkan keterampilan digital sangat penting di era digitalisasi saat ini. Ini memiliki beberapa alasan yang signifikan:

Image by freepik. mediasembilan.com
  1. Kesempatan Kerja

Banyak pekerjaan dan industri membutuhkan pemahaman yang baik tentang teknologi dan alat digital. Dengan keterampilan digital, Anda memiliki akses ke lebih banyak kesempatan kerja.

  1. Peningkatan Produktivitas

Keterampilan digital memungkinkan Anda untuk bekerja lebih efisien dan efektif. Anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas, mengelola data dengan lebih baik, dan berkomunikasi dengan lebih baik melalui platform digital.

  1. Daya Saing

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, memiliki keterampilan digital dapat meningkatkan daya saing Anda. Anda bisa menjadi lebih bernilai bagi perusahaan Anda atau dalam karier sebagai profesional mandiri.

  1. Inovasi

Keterampilan digital memungkinkan Anda untuk berkontribusi pada inovasi dan perkembangan teknologi. Anda dapat menciptakan solusi baru, produk, atau layanan yang mungkin mengubah cara orang bekerja dan hidup.

  1. Mobilitas Karier

Keterampilan digital seringkali memberi Anda mobilitas karier yang lebih besar. Anda dapat bekerja dari mana saja dan memiliki akses ke peluang internasional.

  1. Adaptasi terhadap Perubahan

Dalam dunia yang terus berubah, memiliki keterampilan digital membantu Anda beradaptasi dengan perubahan yang cepat, termasuk perkembangan teknologi baru. Keterampilan digital melibatkan pemahaman tentang perangkat keras dan perangkat lunak, analisis data, keamanan siber, pengembangan web, dan banyak aspek lainnya. Mengembangkan keterampilan digital adalah investasi dalam karier Anda dan dapat membantu Anda berhasil di dunia yang semakin terhubung secara digital.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak