Tangerang – Penggunaan media dalam belajar memegang peranan penting untuk menciptakan proses belajar yang efektif. Pada semester 3 mahasiswa program studi informatika di mata kuliah jaringan komputer mempelajari bagaimana melakukan simulasi topologi jaringan. Dengan itu, mahasiswa Universitas Pamulang menggunakan Cisco Packet Tracer sebagai media pembelajaran dan pelatihan jaringan komputer.

Aplikasi Cisco Packet Tracer adalah simulator alat jaringan yang digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan jaringan computer. Fungsi aplikasi Cisco Packet Tracer adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia kerja, apabila kita merancang topologi jaringan tanpa menggunakan aplikasi maka akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena itu,
banyak mahasiswa dan pengajar menggunakan aplikasi ini agar dapat belajar tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Aplikasi cisco memiliki menu dan tools yang lengkap sehingga mempermudah mahasiswa untuk mendesain konsep jaringan. Aplikasi Cisco juga memiliki ukuran file yang relatif kecil membuat proses loading cepat dan media visual gambar yang digunakan pun menarik, dengan ini mahasiswa mudah memahami pada praktik secara langsung. Untuk menggunakan aplikasi cisco, aplikasi ini dapat didownload melalui website Cisco Networking Academy, seperti mendownload aplikasi biasanya dan pilih versi yang sesuai dengan laptop. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, MacOS, Linux, Android dan IOS. Di aplikasi cisco terdapat pilihan device-type selection box yang berisi jenis perangkat dan koneksi yang tersedia di packet tracer, seperti :

  1. Repeater, yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal wifi.
  2. Hub, yang berfungsi sebagai penyambung atau concentrator dan menguatkan
    sinyal dikabel UTP.
  3. Switch, berfungsi untuk menghubung beberapa alat untuk membentuk suatu
    local area network, seperti menghubungkan computer dengan LAN.
  4. Router, berfungsi sebagai penghubung antar jaringan, seperti menghubungkan
    satu LAN (local area network) dengan LAN lainnya.
  5. Cloud, berfungsi untuk mewakili seluruh proses dan peralatan jaringan yang
    terhubung pada jarak yang jauh.
  6. Getway, berfungsi sebagai protocol converting agar arsitektur jaringan yang
    berbeda dapat berkomunikasi.

Selain itu, terdapat device specific selection box yang berisi perangkat yang akan dipilih khusus untuk menempatkan jaringan dan koneksi. Menu ini akan muncul setelah memilih jenis perangkat pada device type selection box. Dengan menggunakan software Cisco Packet Tracer, simulasi data mengenai jaringan dapat dimanfaatkan menjadi informasi tentang keadaan koneksi suatu komputer dalam jaringan, sehingga digunakan untuk mendeteksi kerusakan jaringan komputer dengan mudah dan cepat. Para mahasiswa juga dapat mempelajari scenario dan teknologi jaringan dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

Penulis. Robiyatul Adawiyyah, Universitas Pamulang.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊