Tangerang – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program yang diadakan di Kampus Merdeka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan belajar di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program ini ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin menggali potensi diri di luar pembelajaran kampus.

Pada semester 6, tepatnya bulan Februari 2023, penulis berkesempatan untuk mengikuti program MBKM di Pusat Riset Teknologi Daur Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif (PRTDBBNLR). Pusat Riset ini merupakan bagian dari Organisasi Riset Tenaga Nuklir sesuai dengan Peraturan Kepala BRIN Nomor 6 Tahun 2022. PRTDBBNLR memiliki tugas teknis dalam penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, inovasi, dan invensi di bidang teknologi daur bahan bakar nuklir dan limbah radioaktif.

Design by freepik. mediasembilan.com

Aktivitas MBKM di PRTDBBNLR melibatkan pembelajaran dan penelitian mengenai laju korosi pada rangkaian Dry Cask. Kegiatan pembelajaran dan penelitian dilaksanakan secara tatap muka setiap hari Senin hingga Jumat. Selain itu, setiap peserta juga mendapatkan bimbingan dan konsultasi bersama pembimbing terkait kendala yang dihadapi selama mengikuti program MBKM ini.

Gambar Aktivitas MBKM di PRTDBBNLR. mediasembilan.com

Pengukuran laju korosi merupakan proses penting dalam memahami dan mengendalikan degradasi material akibat korosi. Metode pengukuran ini melibatkan penggunaan potentiostat, sebuah perangkat elektrokimia yang berfungsi untuk mengendalikan dan memantau potensial elektroda dalam sebuah sel elektrokimia. Penelitian telah dilakukan pada logam stainless steel 304 selama 8 minggu, menggunakan dua metode yaitu metode alami dengan merendam selama 8 minggu menggunakan air demineralisasi dengan pH yang diatur, dan metode elektrokimia dengan menggunakan alat potentiostat. Hasil menunjukkan bahwa metode elektrokimia lebih efisien karena waktu yang lebih cepat dibandingkan metode alami.

Program MBKM di PRTDBBNLR juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan penelitian dalam tugas akhir mereka. Program ini memberikan konsep dasar dan praktik langsung untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Dengan dukungan dari PRTDBBNLR, peserta program dapat mengembangkan karier dalam bidang yang mereka tekuni. Penulis berterima kasih kepada Kampus Merdeka dan Pusat Riset Teknologi Daur Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif (PRTDBBNLR) atas kesempatan dan peluang yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan mereka.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊