Tangerang – Mahasiswa semester 6 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Ario Mochammad Azizhi dan Alfina Febrianti, diwajibkan untuk menjalani kegiatan kerja praktek sebagai bagian dari kurikulum mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk praktik pengembangan perangkat lunak, menerapkan konsep dan teknologi terkini, mendapatkan pengalaman praktis, menunjukkan kemampuan dan karya yang dihasilkan. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi perusahaan yang terlibat dalam kerja praktek tersebut.

Selama periode Maret 2023 hingga Juni 2023, Ario Mochammad Azizhi dan Alfina Febrianti menjalani kegiatan kerja praktek selama 3 bulan yang merupakan bagian integral dari program studi mereka. Kegiatan ini dilaksanakan di Villa Bougenville 1 – Jl. Raya Kota Bunga, Palasari, Kec. Cipanas, Gadog, Jawa Barat.

Foto : Villa Bougenville 1 – Jl. Raya Kota Bunga, Palasari, Kec. Cipanas, Gadog, Jawa Barat. mediasembilan.com

Salah satu contoh kegiatan kerja praktek yang dilakukan oleh mereka adalah pengembangan sebuah sistem aplikasi pendukung pencatatan keuangan perusahaan. Sistem laporan keuangan ini didesain dengan menerapkan prinsip-prinsip akuntansi yang fundamental. Tujuannya adalah untuk menyediakan alat yang efektif dalam memproses data keuangan perusahaan dan menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan, seperti laporan neraca saldo, laba rugi, jurnal umum, dan arus kas.

Dalam pengembangan sistem ini, Ario Mochammad Azizhi dan Alfina Febrianti menggunakan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama perkuliahan dan mengaplikasikannya dalam konteks nyata. Mereka merancang sistem dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan, membangun antarmuka yang intuitif, dan memastikan keakuratan dan konsistensi data yang diolah.

Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam memasukkan data keuangan, seperti penginputan transaksi, pengecekan saldo, dan pelacakan arus kas. Selain itu, sistem ini memiliki mekanisme otomatis untuk melakukan komputasi dan pengecekan balance, sehingga mengurangi risiko kesalahan manusia dan mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.

Partisipasi Ario Mochammad Azizhi dan Alfina Febrianti dalam kegiatan kerja praktek ini memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan yang terlibat. Dengan adanya keterlibatan mereka, perusahaan dapat mendapatkan perspektif segar, ide-ide inovatif, dan pemahaman tentang perkembangan teknologi terbaru. Selain itu, perusahaan juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi potensi calon tenaga kerja yang berpotensi menjadi bagian berharga dalam tim pengembangan perangkat lunak mereka.

Foto by Ario Mochammad Azizhi & Alfina Febrianti. mediasembilan.com

Secara keseluruhan, kegiatan kerja praktek atau magang selama 3 bulan dari Maret 2023 hingga Juni 2023 yang melibatkan Ario Mochammad Azizhi dan Alfina Febrianti merupakan cara yang efektif untuk menggabungkan pembelajaran teoritis dengan pengalaman praktis dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam lingkungan nyata, sementara perusahaan mendapatkan kontribusi berharga dalam pengembangan solusi teknologi. Dengan adanya kolaborasi ini, pihak-pihak terlibat dapat saling menguntungkan dan mendorong kemajuan dalam industri pengembangan perangkat lunak.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Kalau Kakak mau upload berita atau artikel, yuk siapkan dulu naskah dan fotonya. Kalau sudah siap, Kakak bisa langsung kirim ke kami. Atau, kalau lebih mudah, Kakak bisa langsung chat mimin aja. Kami siap bantu! 😊