1. GOOGLE SCHOLAR

Untuk pertama, website perpustakan online gratis adalah Google Scholar. Situs ini diluncurkan oada tahun 2004, Google Scholar adalah situs web pencarian yang dapat menyediakan berbagai data / materi pelajaran ilmiah dalam berbagai format publikasi. Situs ini membantu Anda untuk mencari / menampilkan esai, tesis, buku, artikel, abstrak, universitas, dan publikasi ilmiah

2. MICROSOFT ACADEMIC

Situs ini sedikit berbeda dengan Google Scholar yang lebih fokus pada karya ilmiah dan tulisan. Pencarian Akademik Microsoft menawarkan layanan yang lebih komprehensif. Berisi Call for Papers dari berbagai konferensi/seminar ternama, tabel sitasi, tabel co-author, daftar jurnal besar dan masih banyak lagi. Dengan segala layanan tersebut, website ini layak dijadikan sebagai portal utama referensi akademik atau ilmiah. 

3. PERPUSTAKAN NASIONAL INDONESIA

Di website ini Anda akan menemukan berbagai jurnal ilmiah yang dapat diunduh secara gratis. Sangat cocok bagi anda yang ingin mencari referensi dalam bahasa indonesia. Untuk mengakses lebih banyak, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Petunjuk pendaftaran lengkap dapat ditemukan di situs web. 

4. ACADEMIA.EDU

Selanjutnya adalah Academia.edu Jaringan informasi ini memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen secara terbuka atau mencari penelitian di bidang tertentu. Situs perpustakaan online gratis ini sangat berguna untuk memperoleh pengetahuan dan berbagi pengetahuan dengan peneliti lain dari berbagai belahan dunia. 

5. LIBRARY GENESIS

Salah satu perpustakaan online gratis terbaik adalah Library Genesis, tempat Anda dapat menemukan berbagai buku digital dalam berbagai format (Mobi, PDF, dan ePub). Hampir semua jurusan tersedia di situs ini, mulai dari jurusan Politik, Ekonomi, Pendidikan dan masih banyak lagi. 

6. INDONESIAN PUBLICATION INDEX

Portal akademik ini adalah Google para peneliti Indonesia. Jika Anda mengalami kesulitan dengan bahasa Inggris, website ini bisa menjadi solusi Anda karena publikasi tersedia dalam bahasa Indonesia. Anda dapat mencari referensi, mengunduh naskah, kutipan, dan hak penggunaan lainnya secara gratis. 

Indonesian Publication Index adalah perpustakaan online lengkap gratis yang dapat Anda gunakan kapan saja. Website ini merupakan hasil kerja keras para ilmuwan dan peneliti Indonesia yang tergabung dalam Advance Engineering and Science.

7. WILEY ONLINE LIBRARY

Perpustakaan Daring Wiley memiliki lebih dari enam juta artikel, 18.000 buku daring, 1.500 jurnal, dan ratusan referensi penelitian gratis. 

Situs perpustakaan online gratis ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari sumber dalam bahasa Inggris. Di halaman ini Anda akan menemukan publikasi ilmiah, teknis, medis, dan pendidikan internasional.

8. RESEARCH GATE

Di situs web ini Anda dapat mendiskusikan topik penelitian Anda, mengajukan pertanyaan, dan mengungkapkan pendapat. Para sarjana sering menggunakan situs ini sebagai tempat untuk berbagi ilmu dengan orang yang berbeda dari seluruh dunia. 

9. SCIENCE DIRECT

Science Direct adalah situs web yang menyediakan informasi akademik untuk peneliti, guru, siswa, dokter, dan profesional lainnya. Situs ini menawarkan lebih dari 34.000 buku dan 3.500 majalah yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda dapat dengan mudah menemukan referensi dengan mencarinya di kotak pencarian. 

10. OPEN LIBRARY

Situs web Open Library adalah proyek arsip online nirlaba yang didanai oleh Perpustakaan Negara Bagian California. Lebih dari 20 juta materi referensi tersedia untuk Anda di situs web ini. Anda juga dapat bertanya langsung kepada para ahli di bidang tersebut. 

Dengan berbagai sumber perpustakaan online gratis yang disebutkan di atas, tidak perlu ragu. Semoga bermanfaat! Bagikan dengan mahasiswa pascasarjana lainnya untuk mengubahnya! 

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak