Penulis:Titin Wartini
Instansi:Universitas Pamulang

Bussiness correspondence adalah pertukaran informasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan untuk keperluan business. Karena sifat dan ruang lingkup nya yang formal, maka dalam pembuatan surat untuk keperluan bisnis harus memperhatikan komponen-komponen surat, urutan dan juga hal-hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin membuat surat untuk keperluan bisnis. Berikut 4 jenis surat dalam business correspondance dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat-surat tersebut.

Berikut 4 jenis surat dalam bussiness correspondence dan karakteristiknya

1. Salles letter

Salles letter adalah surat yang bertujuan untuk mempromosikan barang yang dijual oleh sebuah perusahaan. Surat ini biasanya ditujukan kepada customers yang sudah memiliki riwayat pemesanan barang sebelumnya. Surat ini memuat informasi tentang barang yang dijual, bisa juga memuat informasi promo yang sedang diadakan dan kelebihan lainnya yang dicantumkan agar pembeli tertarik untuk melakukan pemesanan.

2. Order Letter

Order letter merupakan surat yang biasanya digunakan saat ingin memesan sebuah barang dalam jumlah besar. Jenis surat ini biasa dikirimkan oleh sebuah perusahaan atau perorangan kepada supplier barang. Dalam surat ini hal yang perlu diperhatikan adalah membuat rincian pemesanan dengan detail mulai dari jumlah barang, jenis, variasi atau model barang, metode pembayaran dan pengiriman yang diinginkan.

3. Complain letter

Complain letter adalah surat keluhan yang diajukan oleh pembeli kepada penjual. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat complain letter adalah pastikan untuk menulis kronologis pembelian pesanan mulai dari waktu pembayaran, waktu pengiriman barang, dan waktu barang diterima. Selanjutnya, jelaskan complain jenis apa yang kamu ajukan, apakah complain kerusakan barang, complain kesalahan jenis barang, atau complain kesalahan quantity barang. Terakhir, sebutkan penyelesaian yang diinginkan dan cantumkan kontak yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perkembangan dari proses pengajuan anda.

4. Adjustment Letter Response for Complain Letter)

Adjustment letter dibuat oleh penerima complain letter untuk menanggapi keluhan yang diterima dan untuk memberikan solusi terbaik untuk kedua belah pihak yang terlibat. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat adjustment letter adalah pastikan untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut yang berbeda agar dapat membuat keputusan dan solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak