Penulis:Amalia Wulandari Utami
Instansi:Universitas Pamulang

Tangerang – Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dihadiri oleh 35 siswa-siswi Yayasan Masjid Asy-Syifa. Kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan utama antara lain pembukaan, sambutan, perkenalan, penyampaian materi, permainan, evaluasi dan peninjawan ulang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ninis Shinah, seorang mahasiswa S-1 Matematika yang merupakan anggota pengabdi. Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan dari Yayasan Masjid Asy-Syifa, diikuti oleh Bapak Tabah Heri Setiawan, S.Si., M.Pd., sebagai anggota pelaksana pengabdian. Kemudian dilakukan tahap perkenalan, di mana para Dosen dan penyelenggara PKM memperkenalkan diri kepada para siswa-siswi serta mengenalkan materi tentang Penguatan Literasi Numerasi Melalui Kegiatan Mendongeng.

Selanjutnya, pada tahap pembelajaran, siswa-siswi mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh panitia PKM dengan fokus pada hubungan antara matematika dan keagamaan. Ada sesi tanya jawab dan game tebak-tebakan yang mengaitkan literasi dan numerasi dalam konteks keagamaan seperti ciri-ciri nabi dan rasul, mukjizatnya, rukun Islam, dan rukun iman. Para siswa yang menjawab dengan benar diberikan apresiasi berupa hadiah, untuk mendorong semangat belajar literasi numerasi dalam konteks agama Islam.

Gambar Pembelajaran dengan cara mendongeng. mediasembilan.com

Tahap evaluasi dilakukan setelah penyampaian materi selesai. Evaluasi mencakup pemahaman literasi numerasi, konsentrasi dalam mendengarkan materi, dan kontribusi siswa dalam keaktifan. Hal ini dievaluasi melalui wawancara langsung kepada peserta didik. Kegiatan pengabdian ditutup dengan sesi foto bersama dan buka bersama, menandai akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Foto Bersama Kegiatan PKM di Masjid Asy-Syifa. mediasembilan.com

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Masjid Asy-Syifa berjalan dengan lancar. Pelaksanaan pengabdian bertempat di Yayasan Masjid Asy-Syifa Villa Dago Tol jl. Merak, serua, kec. Ciputat,Tangerang Selatan, Banten. Pelaksanaan pengadian berdampak positif bagai siswa-siswi diYayasan Masjid Asy-Syifa. Pelaksanaan pengabdian menjadikan motivasi kepada para siswa-siswi untuk meningkatkan semangat belajar matematika dalam kehidupan. mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kompetensi khususnya pada bidang matematika.

By Admin

Open chat
1
Scan the code
Media Sembilan
Halo kakak 👋
Jika ingin upload berita / artikel silahkan kakak siapkan seperti naskahnya jika sudah ada, beserta fotonya ya kak. Atau kaka bisa langsung chat mimin aja ya kak